Sukses

Motor Listrik Belum Bisa Ikut Mudik Gratis Bareng Kemenhub

Direktorat Jenderal Kereta Api (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali membuka program mudik motor gratis untuk Lebaran Idul Fitri 2024

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Kereta Api (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali membuka program mudik motor gratis untuk Lebaran Idul Fitri 2024. Namun, khusus pemilik motor listrik, belum bisa mengikuti program yang disebut motis tersebut.

Dijelaskan Arif Anwar, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, DJKA Kemenhub, pihaknya memang belum melayani mudik gratis untuk motor listrik, karena belum ada regulasi detailnya.

"Regulasinya belum jelas dari Dirjen Darat. Kami pun juga belum mengetahui secara pasti SOP bawa motor listrik seperti apa. Karena bisa salah pengakutan dan sebagainya, karena memang rawan," jelas Arif, seperti disitat dari Bisnis Liputan6.com, Senin (4/3/2024).

Lanjut Arif, ke depannya, Kemenhub akan berupaya untuk memfasilitasi sepeda motor listrik agar bisa ikut program mudik gratis. Dengan catatan, adanya peningkatan jumlah pengguna motor listrik.

"Karena ini juga program pemerintah untuk pake motor dan mobil listrik, akan kami siapkan supaya motor listrik bisa dilayani. Kalau memang pengguna motor listrik sudah banyak," pungkasnya.

Sebelumnya, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mencatat terjadi penambahan Populasi Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) Roda 2 di Indonesia meningkat sebesar 262 persen pada 202, yakni 62 ribu unit dibandingkan dengan tahun sebelumnya 17 ribu unit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peningkatan motor listrik

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin R Hendro Martono mengatakan, peningkatan ini salah satunya berkat kesuksesan program bantuan pemerintah untuk pembelian KBLBB roda 2.

Selain itu, juga terjadi penambahan populasi KBLBB roda 4 atau mobil pada 2023 meningkat 43 persen pada 2023 sebanyak 12 ribu unit, dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya 8 ribu unit.

Dia menuturkan, meskipun Pemerintah telah mengeluarkan berbagai program insentif, penambahan ini dinilai belum cukup untuk meningkatkan popularitas KBLBB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini