Sukses

Kendaraan Listrik Mulai Populer di Amerika Serikat

Kendaraan elektrifikasi, termasuk hybrid dan listrik murni kini mulai lebih banyak diminati dibandingkan kendaraan berbahan bakar bensin

Liputan6.com, Jakarta - Kendaraan elektrifikasi, termasuk hybrid dan listrik murni kini mulai lebih banyak diminati dibandingkan kendaraan berbahan bakar bensin. Hal tersebut, berdasarkan survei, dari sebuah majalah berpengaruh di Negeri Paman Sam, Consumer Reports, dikutip dari Reuters, Selasa (28/2/2024).

Bahkan, dalam 10 daftar mobil terlaris pada 2024, tujuh di antaranya adalah kendaraan listrik.

Dari tujuh mobil ramah lingkungan terlaris tersebut, Toyota menyumbang empat model, termasuk Prius dan versi hybrid dari sedan populer Camry.

Sedangkan Tesla menyumbangkan Model Y, Ford dengan truk pikap Maveric hybrid, dan BMW dengan X5 PHEV.

Dikatakan, mobil listrik menjadi lebih populer setelah menyumbang 16,3 persen dari seluruh penjualan kendaraan ringan di Amerika Serikat pada tahun lalu.

Kemudian, masih dari laporan yang sama mengatakan, kendaraan jenis PHEV yang menjembatani antara hibrida biasa dan listrik baterai juga semakin populer, karena penjualannya mampu tumbuh 60 persen pada tahun lalu.

"Bagi banyak pengemudi, PHEV akan menghemat uang Anda dalam jangka panjang jika dibandingkan dengan kendaraan berbahan bakar bensin, hibrida, atau listrik,” kata Jake Fisher, Direktur Senior Pengujian Otomotif CR.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peringkat Merek Otomotif di AS

Sebagai informasi, produsen mobil Eropa yaitu BMW mempertahankan posisi teratas dalam laporan merek Consumer Reports pada 2024. Majalah ini, juga memberikan 34 peringkat merek otomotif berdasarkan skor keseluruhan.

Skor keseluruhan merupakan kombinasi skor uji jalan, prediksi keandalan, data kepuasan pemilik, dan keselamatan untuk semua model yang diuji.

Di antara merek mobil dalam negeri, General Motors (GM) menduduki peringkat tertinggi, dengan Buick di peringkat ke-13, diikuti oleh Ford serta Tesla di peringkat ke-17 dan ke-18.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.