Sukses

Melihat Lebih Dekat Yamaha YZ450F, Motor Trail yang Dipakai Film Point Break

Motor Trail memang menjadi sebuah daya tarik pada film aksi.Dengan fleksibilitas dan mobilitas yang tinggi, motor trail menjadi adegan pamungkas sutradara untuk menerjemahkan beragam aksi ekstrim yang bisa dilakukan oleh para pemain, salah satunya film Point Break.

Liputan6.com, Jakarta - Motor trail memang menjadi sebuah daya tarik pada film aksi. Dengan fleksibilitas dan mobilitas yang tinggi, motor trail menjadi adegan pamungkas sutradara untuk menerjemahkan beragam aksi ekstrim yang bisa dilakukan oleh para pemain, salah satunya film Point Break.

Film Point Break Mengisahkan atlet olahraga ekstrim Johnny Utah (Luke Bracey), dan temannya, Jeff (Max Thieriot), melintasi punggung bukit yang curam dengan sepeda motor. Mereka berakhir dengan lompatan ke kolom batu tunggal, di mana Jeff mendarat dan jatuh hingga meninggal.

Tujuh tahun kemudian, Utah menjadi calon agen FBI dan menghadiri pembahasan tentang kelompok kriminal yang melakukan pencurian berlian di gedung pencakar langit di Mumbai dan melarikan diri dengan parasut.

Kelompok kriminal yang diincar Utah ini mempunyai kemampuan yang  luar biasa. Komplotan itu dipimpin oleh Bodhi yang diperankan oleh Edgar Ramirez.

Utah menyamar dan menyusup ke dalam komplotan tersebut, kemudian ia melakukan perjalanan ke tambang emas dimana Bodhi akan meledakan bom yang ditanam oleh Grommet dan Roach.

Setelah Utah terbongkar penyamarannya, ia mengejar Bodhi, namun pada akhirnya Bodhi berhasil kabur karena motor yang ditumpangi Utah terjatuh dan terluka.

Kemudian Bodhi memiliki rencana untuk merampok bank Italia yang berada di puncak gunung. Utah dan polisi berhasil mencegat kelompok itu dan terjadilah baku tembak yang akhirnya membunuh Roach.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Adegan Ekstrem Melompati Jurang

Salah satu adegan ekstrem ada pada scene pembuka film ini. Karakter utama film ini Johnny Utah yang diperankan oleh Bracey, menunggangi motor trail Yamaha YZ450F bersama seorang temannya kemudian menuruni bukit yang curam dan diakhiri dengan sebuah lompatan melewati sebuah jurang.

Proses pengambilan untuk adegan pembuka dilakukan selama dua minggu di sebuah tempat bernama Swingarm City, Caineville, Utah. Adegan ini tentu dilakukan bersama dua orang stuntman, yaitu Steve Haughelstine dan Dustin Nowak.

Swingarm City memiliki beberapa tingkat kesulitan yang tinggi namun Nowak mengatakan bahwa hal itu tidak menjadi masalah. Nowak mengatakan bahwa seluruh aksi di tempat itu dilakukan tanpa tipuan kamera sedikitpun, dan seluruh adegan murni menunjukkan skill mengendalikan motor trail yang luar biasa dari Haughestine dan Nowak.

3 dari 3 halaman

Mengenal Yamaha YZ450F

Yamaha YZ450F adalah sebuah motor trail keluaran Yamaha berkapasitas 450 cc 4 tak yang mampu menghasilkan tenaga 53 horse power pada 9.700 rpm dan torsi 32,7 pound-feet pada 7.400rpm yang disambung dengan transmisi 5 percepatan.

Pada suspensi depan, YZ450F ini menggunakan suspensi keluaran Kayaba yang memiliki fitur Speed Sensistive Damping, dan untuk suspensi belakan menggunakan Kayaba tipe link.

Untuk roda motor ini menggunakan velg aluminium yang sangat ringan namun memiliki kekuatan yang luar biasa. Velg depan menggunakan ukuran 21 inci, sedangkan pada bagian belakang ditempatkan velg ukuran 19 inci dan dibalut dengan ban Dunlop MX33 spesifikasi balap dengan ukuran 80/100-21 untuk depan dan 120/80- 19 untuk bagian belakangnya.

Pada sektor pengereman, YZ450F ini menggunakan single-disc brake berukuran 270mm dipadukan dengan kaliper dua piston dari Nissin untuk bagian depan, sedangkan pada bagian belakang menggunakan disc-brake berukuran 240mm yang dipadukan dengan kaliper satu piston dari Nissin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.