Sukses

Sejarah Panjang Piaggio Group di Kawasan Asia Pasifik

Piaggio Group menjadi salah satu produsen motor tertua di dunia. Pabrikan asal Italia itu berdiri sejak 1884.

Liputan6.com, Jakarta - Piaggio Group menjadi salah satu produsen motor tertua di dunia. Pabrikan asal Italia itu berdiri sejak 1884.

Banyak hal telah dicapai hingga akhirnya mereka menjadi produsen kendaraan terbesar di Eropa dan salah satu pemimpin dalam industri roda dua di dunia.

Kedigdayaan selama beberapa dekade tidak lepas dari hubungan yang kuat dengan Kawasan Asia Pasifik (APAC). Hal itu bermula ketika Vespa mulai masuk wilayah asia di era 1950-an.

Piaggio Group memiliki tiga cabang bisnis terpisah. Pertama ada kendaraan roda dua, mulai dari 50 cc hingga 1.100 cc. Pada 2022 mereka mengirimkan 516.200 kendaraan.

Merek Piaggio Group meliputi Vespa, Piaggio (dengan Liberty, Beverly, Medley, MP3, dan e-scooter Piaggio1), Aprilia (yang berkompetisi di kejuaraan MotoGP lewat tim Aprilia Racing), Moto Guzzi, Gilera, dan Derbi.

Lalu komersial ringan, dengan hadirnya Ape dan Porter. Pada 2022, Piaggio Group menjual sekitar 103.900 kendaraan komersial ringan di seluruh dunia.

Satu tahun sebelumnya Piaggio Commercial meluncurkan Porter NP6, kendaraan komersial ringan (diproduksi di Italia). Selanjutnya divisi robotika dengan Piaggio Fast Forward. Pusat penelitian mobilitas masa depan milik Piaggio Group di Boston.

Misi dan Nilai Perusahaan

Piaggio berkomitmen pada perkembangan mobilitas masyarakat melalui produk dan layanan bernilai tinggi. Perusahaan berkomitmen untuk memperluas jaringan merek dan produk Piaggio dengan terus mempromosikan inovasi, teknologi, dan keunikan desain, memperhatikan kualitas dan keamanan, serta menghormati masyarakat dan lingkungan.

Dengan pendekatan customer-centric, Piaggio memprioritaskan kepuasan, keamanan, kesenangan, dan emosi pelanggan. Mereka mengembangkan produk yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan dan mengikuti perubahan ekosistem tempat pelanggan beraktivitas. Perusahaan percaya pada kekuatan, keterampilan, dan kejeniusan masyarakat, dan inilah yang menjadi warisan fundamental Piaggio.

Pihaknya juga konsisten berpegang teguh pada nilai-nilai prinsipnya, seperti integritas, transparansi, kesempatan yang merata, saling menghormati, dan menghargai keragaman. Lebih dari sekadar pabrik manufaktur kendaraan, melalui kemajuan teknologi dan sosial, Piaggio memperjuangkan mobilitas global secara bertanggung jawab dan berkelanjutan. Tujuannya membuat kualitas kehidupan menjadi lebih baik, kini dan nanti.

Perusahaan memiliki enam nilai utama, yaitu nilai pelanggan, nilai pemegang saham, nilai orang, nilai merek, inovasi yang berfokus pada pelanggan, dan internasionalisasi. Semuanya berkontribusi untuk mendukung perusahaan mencapai mobilitas global yang bertanggung jawab dan berkelanjutan.

Dengan mengelola organisasi yang bergerak cepat, fleksibel, dan fokus pada pelanggan, Piaggio bertujuan memenuhi harapan para pemegang saham, memelihara karyawannya, membangun kekuatan merek, mendorong inovasi yang fokus pada pelanggan, dan mendirikan jaringan multinasional dengan menghormati budaya dan pasar lokal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Piaggio di Kawasan Asia Pasifik (APAC)

Piaggio berusaha memberikan layanan berkualitas dan narasi emosional yang autentik bagi pelanggan. Sebagai brand kaya sejarah, serta memiliki komitmen terhadap kualitas dan pendekatan customer-centric, Piaggio menjadi pemain terkemuka di industri kendaraan roda dua di kawasan APAC.

Tonggak sejarah itu berawal dari pembukaan pabrik kendaraan di Vinh Phuc, Vietnam. Pabrik Piaggio Vinh Phuc berfungsi sebagai kantor pusat regional Piaggio di kawasan Asia dan berperan strategis dalam operasional perusahaan.

Menaungi lebih dari 1.000 karyawan, pabrik ini mencakup pabrik perakitan berkapasitas penuh, pabrik produksi mesin canggih, dan satu-satunya pusat R&D yang berbasis di Asia Tenggara. Selama perjalanannya, pabrik ini telah memproduksi berbagai macam produk, termasuk model entry-level, core, dan top-level, seperti Vespa LX yang ikonis, Aprilia SR GT yang sporty, dan Vespa GTS premium.

Berlokasi strategis di tanah seluas 190.000 meter2 dan area tertutup untuk produksi seluas 75.000 meter2. Pabrik Vinh Phuc juga mewakili babak baru ekspansi Piaggio di kawasan Asia. Setelah 16 tahun berkembang di Vietnam, Piaggio resmi menetapkan negara ini sebagai hub regional dan berinvestasi secara signifikan dalam operasionalnya.

Pada Februari 2023, Piaggio mendapat investasi tambahan sebesar $75 juta. Ini menunjukkan komitmen perusahaan dalam meningkatkan pertumbuhan dan kesuksesan di Asia.

Fokus Piaggio di Vietnam sebagai pasar utama sejalan dengan strategi pertumbuhan global perusahaan, didorong oleh urbanisasi yang cepat di Asia dan meningkatnya daya beli yang memicu permintaan kendaraan roda dua premium.

Pabrik Vinh Phuc merepresentasikan dedikasi Piaggio untuk memperkuat posisinya di wilayah tersebut dan menandai tonggak penting dalam strategi ekspansi mereka.

Selain itu, Piaggio juga semakin memperkuat hubungannya dengan budaya APAC yang dinamis. Pihaknya telah membangun landasan yang kuat di pasar Asia Pasifik, dengan hadirnya jaringan dealer yang luas, seperti di Vietnam, Korea, Malaysia, Taiwan, Thailand, Indonesia, Filipina, Jepang, Singapura, Hong Kong, Australia, dan Selandia Baru.

Perusahaan mengoperasikan tiga pabrik produksi dan satu pusat penelitian dan pengembangan (R&D) di Asia Pasifik. Pabrik produksi terdiri dari; dua di Vinh Phuc, Vietnam (satu untuk 2W dan satu untuk mesin); dan satu di Cikarang, Indonesia. Serta pusat penelitian dan pengembangan (R&D) di Vinh Phuc, Vietnam.

 

3 dari 3 halaman

Spotless Strategy dari Piaggio APAC

Spotless Strategy dari Piaggio di kawasan APAC dibangun berdasarkan empat prinsip inti. Mencakup fokus pada masing-masing individu, penekanan pada kualitas, visi jangka panjang, dan komitmen untuk memprioritaskan kepuasan pelanggan. Sudah diterapkan sejak 2017.

1. Memperhatikan setiap individu

Piaggio percaya bahwa setiap individu berperan penting. Perusahaan memupuk budaya yang mendorong kesejahteraan, pemberdayaan, dan pertumbuhan karyawan. Budaya ini untuk mengekspresikan diri dan bersinar dengan cara mereka sendiri terlepas dari kepribadian atau usia. Piaggio berinvestasi dalam pengembangan tenaga kerjanya, menyediakan program pelatihan, dan peluang peningkatan karir. Dengan mengutamakan individu, Piaggio memastikan tenaga kerja yang termotivasi dan terlibat dapat memberikan produk dan layanan luar biasa.

2. Pentingnya menjaga kualitas

Perusahaan mengedepankan pentingnya memberikan produk dan layanan dengan kualitas terbaik. Dengan mematuhi prosedur quality control yang ketat selama proses manufaktur, mulai dari desain hingga produksi. Komitmen terhadap kualitas terlihat jelas dari penggunaan material berkelas, dan prosedur pengujian. Dengan dedikasi ini, perusahaan mampu memastikan bahwa produk sudah memenuhi standar tertinggi dan memberi pelanggan solusi yang andal serta tahan lama.

3. Visi jangka panjang

Dengan visi jangka panjang, Piaggio membangun pertumbuhan berkelanjutan dan menciptakan nilai yang tak lekang oleh waktu bagi semua pemangku kepentingan. Berinvestasi dalam riset dan pengembangan untuk mendorong inovasi, meningkatkan efisiensi, dan mengurangi dampak lingkungan. Dengan mengantisipasi tren masa depan dan permintaan pasar yang terus berkembang, Pihaknya tetap berada di depan, memposisikan dirinya sebagai pemimpin dalam industri.

4. Dedikasi kepada pelanggan

Piaggio mengutamakan kepuasan pelanggan dan berdedikasi untuk memahami sekaligus memenuhi kebutuhan pelanggan. Dengan menciptakan produk dan layanan yang melebihi harapan konsumen dengan menawarkan fitur unik dan desain inovatif. Piaggio aktif mendengarkan saran dan masukan dari customer untuk meningkatkan penawaran. Dengan komitmen terhadap customer-centricity, Piaggio memastikan bahwa produknya memberikan nilai luar biasa dan meningkatkan pengalaman kepemilikan secara keseluruhan.

Jaminan Kualitas Piaggio: Penghargaan Terkemuka di Kawasan APAC

Berbagai penghargaan bergengsi yang didapat mencerminkan komitmen Piaggio terhadap keunggulan, inovasi, dan tanggung jawab sosial. Pengakuan ini tidak hanya memvalidasi posisi sebagai pemimpin dalam industri otomotif, tetapi juga menjadi bukti dedikasi untuk menciptakan produk luar biasa.

Dan juga merepresentasikan kemampuan Piaggio untuk menciptakan lingkungan kerja yang positif, berinvestasi pada karyawannya, dan berkontribusi pada masyarakat.

Dengan dukungan dari masyarakat, Piaggio mampu memperkuat reputasi, meningkatkan kredibilitas, dan menunjukkan komitmennya untuk memberikan produk dan layanan berkualitas tinggi.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini