Sukses

Pemerintah Terus Menambah Fasilitas SPKLU untuk Kenyamanan Mudik Lebaran Idul Fitri 2023

Tingginya minat masyarakat terkait penggunaan mobil listrik untuk pulang ke kampung halaman, membuat pemerintah terus melakukan koordiansi dengan pihak terkait untuk menambah layanan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Liputan6.com, Jakarta - Tingginya minat masyarakat terkait penggunaan mobil listrik untuk pulang ke kampung halaman, membuat pemerintah terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk menambah layanan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Hal ini juga untuk memberikan kenyamanan kepada para pengguna mobil listrik selama musim mudik Lebaran Idul Fitri 2023. Tidak hanya itu, layanan tersebut nantinya juga bisa menghemat waktu para pengguna mobil listrik untuk melakukan pengisian baterai kendaraan mereka.

"Pengguna kendaraan listrik kian meningkat seiring berjalannya waktu. Kendaraan listrik pun jadi salah satu transportasi yang digunakan untuk mudik, untuk itu kami mendorong penambahan SPKLU di sejumlah titik khususnya di rest area Tol Jawa dan Sumatera," jelas M.P Dwinugroho, Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan.

Sesuai data Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, telah dibangun 842 charging station di 488 lokasi di seluruh Indonesia. Data tersebut gabungan antara SPKLU yang dikelola PT PLN (Persero), instalasi privat di lokasi publik, dan charging station kendaraan umum.

"Data charging station terus mengalami peningkatan. Selain PLN, beberapa produsen mobil listrik dan badan usaha lain membangun SPKLU di beberapa lokasi seperti rest area, hotel, pusat perbelanjaan dan kantor-kantor pemerintah," ungkap Nugroho.

Untuk ruas tol jawa, menurut Nugroho saat ini tersedia 21 titik pengisian baterai kendaraan listrik yang tersebar di ruas tol dari Merak hingga Probolinggo. Penambahan SPKLU di berbagai titik ini dilakukan untuk memudahkan penguna kendaraan listrik selama masa mudik Idul Fitri 1444 H.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Adira Finance Lepas Ribuan Peserta Mudik Gratis Lebaran 2023

PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk (Adira Finance) memberangkatkan 1.000 peserta mudik gratis. Terdapat 20 bus yang siap membawa peserta mudik gratis menuju Kota Solo melalui 3 pilihan rute yaitu Jalur Utara, Jalur Tengah dan Jalur Selatan.

Rute Utara melewati Kota Brebes, Tegal, Pekalongan, Semarang dan Solo. Rute Tengah melewati Kota Prupuk, Bumiayu, Ajibarang, Kebumen, Purworejo, Yogya dan Solo. Sedangkan Rute Selatan melewati Kota Tasikmalaya, Banjar, Karang Pucung, Wangon, Gombong, Kebumen, Purworejo, Yogya dan Solo.

Pelepasan peserta mudik dilakukan oleh Dewa Made Susila, Direktur Utama Adira Finance, dan Antonius Danny Hendarko, Wakil Direktur Adira Finance.

“Kami tidak menyangka antusiasme pendaftar mudik tahun ini begitu tinggi, peserta mudik gratis tahun ini naik lebih dari 5 kali lipat jika dibandingkan tahun sebelumnya," jelas Dewa, dalam keterangan resmi, Kamis (20/4/2023).

Berdasarkan prediksi dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, tahun ini bakal ada lebih dari 25 juta orang yang berencana mudik menggunakan sepeda motor, dimana hal ini berpotensi rentan terhadap terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Program mudik gratis yang diadakan oleh Adira Finance sebagai salah satu bentuk upaya dalam mendukung program pemerintah untuk meminimalisir potensi risiko kecelakaan lalu lintas, khususnya bagi pemudik yang akan menggunakan sepeda motor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini