Sukses

Dapat Subsidi PPN DTP, Harga Mobil Listrik Ioniq 5 Turun hingga Rp 70 Juta

Subsidi pembelian mobil listrik berupa Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) telah resmi diberlakukan

Liputan6.com, Jakarta - Subsidi pembelian mobil listrik berupa Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) telah resmi diberlakukan. Tidak semua model berhak mendapatkan bantuan ini, karena hanya bagi yang sudah diproduksi lokal dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) minimal 40 persen.

Salah satu mobil listrik yang mendapatkan subsidi tersebut, adalah Hyundai Ioniq 5. Dengan begitu, kendaraan ramah lingkungan asal Korea Selatan ini bisa mengalami penurunan Rp 60 hingga Rp 70 juta.

Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Makmur mengatakan pengurangan PPN ini dilakukan dari harga dasar pengenaaan pajak atau DPP. Sehingga, bukan langsung dikurangi dari banderol on the road (OTR).

"Bukan dari OTR, tapi harga pengenaan sebelum dikenakan pajak salah satunya pajak daerah dan BBN baru ketemu total harga DPP plus PPN," jelas Makmur saat acara buka bersama media, di Jakarta Selatan, Selasa (12/4/2023).

Lanjut Makmur, dengan harga yang sudah mendapatkan subsidi PPN DTP ini, akan berbeda-beda setiap varian Hyundai Ioniq 5.

"Ada beberapa varian, jadi subsidi yang diberikan kira-kira Rp 60 sampai Rp 70 juta," tegas Makmur.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menuju Juknis

Sementara itu, makmur sendiri belum bisa memberikan detail harga untuk Ioniq 5 setelah mendapatkan PPN DTP ini. Pasalnya, jenama asal Korea Selatan ini masih menunggu auturan yang lebih detail.

"Kami selalu koordinasi dengan pemerintah, bagaimana eksekusinya. Masih menunggu juknis (petunjuk teknis) agar konsumen bisa mendapatkannya secara optimal," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.