Sukses

Honda Rayakan 20 Tahun Pabrik Mobilnya di Indonesia, Simak Pencapaiannya

PT Honda Prospect Motor (HPM) merayakan hari jadi ke-20 tahun pabrik mereka di Karawang, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - PT Honda Prospect Motor (HPM) merayakan hari jadi ke-20 tahun pabrik mereka di Karawang, Jawa Barat. Honda menyebut, kehadiran fasilitas perakitan tersebut menjadi bukti komitmen mereka dalam mendukung perkembangan industri otomotif Tanah Air.

"Pasar Indonesia sangat penting untuk bisnis Honda secara regional dan global di mana HPM merupakan pasar terbesar di kawasan ASEAN dan juga Asia Oceania. Operasional pabrik HPM di Karawang, Indonesia merupakan wujud konsistensi Honda untuk memproduksi berbagai model dengan kualitas standar internasional untuk pasar domestik dan ekspor," ucap Hirsohi Tokutake, Executive Vice President Asian Honda Motor Co., Ltd dalam sambutannya.

PT HPM memulai produksi pertama di pabrik Karawang pada Februari 2003 silam. Pabrik pertama memiliki luas bangunan 80.324 meter persegi dan kapasitas maksimal produksi hingga 80.000 unit per tahun.

Pabrik kedua mulai didirikan pada 2012 dan diresmikan pada 2014 silam dengan total luas bangunan 145.760 meter persegi. Pabrik ini memiliki kapasitas produksi hingga 120.000 unit per tahun. Total kedua pabrik ini mampu produksi hingga 200.000 unit per tahun.

Kotaro Shimizu, Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor mengungkapkan Honda ingin menjadi perusahaan yang diinginkan masyarakat dengan memaksimalkan kebahagiaan pelanggan.

"Kami sangat senang dan bangga atas kesempatan untuk membawa lebih banyak kegembiraan bagi pelanggan di luar Indonesia. Kami berharap, pabrik kami dan ekspor produk kami tidak hanya memenuhi visi HPM, tetapi juga terus memberikan kontribusi positif bagi perekonomian dan masyarakat Indonesia," ucap Shimizu.

PT HPM juga membangun pabrik Conrod yang beroperasi pada Desember tahun lalu. Selain itu, terdapat juga pabrik stamping yang beroperasi sejak Mei 2016.

Pabrik Honda ini memproduksi panel samping, atap, lantai dan berbagai bagian kendaraan. Fasilitas ini juga didukung sistem canggih automatic continuos process dan sistem robotic.

Honda juga sudah memiliki pabrik crankshaft pada September 2016 lalu. Fasilitas ini menerapkan teknologi canggih dan mesin presisi tinggi yang ramah lingkungan.

Beberapa catatan penting, pada 2017 lalu PT HPM merayakan pencapaian 1 juta unit produksi di Pabrik Karawang. Hingga saat ini, pabrik PT HPM telah memproduksi lebih dari 1,7 juta unit. Fasilitas ini menjadi tempat lahirnya model-model seperti Brio, BR-V, HR-V, CR-V, Mobilio dan WR-V.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Catatan Ekspor

Model terbaru WR-V mendapat sambutan positif dari pasar. Ini dibuktikan dengan capaian penjualan 2.411 unit sejak peluncurannya November 2022 lalu hingga Januari 2023. PT HPM akan mulai mengekspor WR-V dan juga beberapa model lainnya ke beberapa negara.

Honda sendiri memiliki catatan ekspor sebanyak 31.380 unit. Model jagoan mereka adalah Brio yang sudah dikirimkan sejak April 2019 ke beberapa negara seperti ienam dan Filipina.

Ada juga model BR-V yang dikirimkan sejak Maret 2022 ke sekitar 30 negara di dunia, antara lain Jamaica, Grand Cayman, Barbados, Trinidad & Tobago, Grenada, St.Kitts, St. Lucia, Thailand, Afrika Selatan, Bangladesh dan Filipina.

PT HPM juga mengekspor berbagai komponen kendaraan. Beberapa diantaranya engine parts, seperti cylinder head, dan cylinder block. Ada juga body part seperti hood comp, panel RR inside, panel FR/RR door, skin hood, dan frame hood.

Beberapa fasiltias pendukung pabrik HPM antara lain fasilitas road test, engine plant, car pool, stamping, crankshaft, engine bench test facility dan conrod.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.