Sukses

Yamaha Pamer Teknologi Baru Advanced Motorcycle Stability Assist System

Yamaha memperkenalkan teknologi barunya lewat Advanced Motorcycle Stability Assist System.

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran fitur keselamatan terkini sudah menjadi fitur yang wajib ada di setiap kendaraan. Tidak hanya produsen mobil yang berlomba-lomba menghadirkan aspek tersebut, tetapi pabrikan sepeda motor juga tidak mau kalah dengan inovasi tersebut.

Yamaha menjadi salah satu produsen yang kini memperkenalkan sistem bantuan pengendara untuk keselamatan konsumen. Dilansir dari Rideapart, jemana asal Jepang tersebut menghadirkan fitur Advanced Motorcycle Stability Assist System (AMSAS) yang berfungsi untuk mengurangi tip over saat kecepatan rendah.

Hadirnya teknologi tersebut memang ditujukan untuk mengurangi angka kematian yang disebabkan oleh pengendara sepeda motor. Oleh karena itu, guna menekan angka kecelakaan yang masih tinggi, Yamaha menginformasikan teknologi anyar di mana pengendara dapat menghindari ancaman tersebut.

Fitur Advanced Motorcycle Stability Assist System ini ditopang melalui penggunaan rig self-balancing dengan mengandalkan Inertial Measurement Unit (IMU) 6 sumbu serta akuator yang ditempatkan di roda depan dan kepala kemudi.

Dalam kecepatan rendah, kehadiran akuator ini dapat menjaga sepeda motor tetap tegak berkat input dari sistem IMU tersebut. Dalam demonstrasi yang dilakukan Yamaha, tim pengembang memperlihatkan bagaimana penyeimbang otonom tersebut bekerja untuk menjaga stabilitas pada model R3.

Yamaha menjelaskan bahwa kehadiran teknologi ini masih dalam tahap penelitian dan pengembangan. Namun, mereka juga menjelaskan bahwa teknologi yang disematkan ini cukup serbaguna dan tidak memerlukan perubahan besar pada sepeda motornya.

Adapun tujuan utama di balik pengembangan AMSAS ini adalah untuk menawarkan pengendara atas kontrol yang lebih baik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pucuk Pimpinan Yamaha Indonesia Dipimpin Orang Lokal Mulai 2023

Kabar cukup mengejutkan datang dari Yamaha Indonesia di penghujung tahun ini. Pasalnya, pucuk pimpinan Yamaha Indonesia dalam hal ini jabatan Presiden Direktur dan CEO PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) akan diisi orang lokal mulai tahun depan.

Informasi ini didapat dari Greetings Letter Minoru Moriomoto yang disampaikan Yamaha Indonesia secara resmi kepada Liputan6.com, Selasa (27/12/2022).

Disebutkan, Dyonisius Beti yang saat ini menjabat sebagai Executive Vice President & COO PT YIMM akan menggantikan posisi Presiden Direktur dan CEO PT YIMM Minoru Morimoto yang bakal kembali ke Jepang.

Dyonisius Beti yang bergabung dengan Yamaha sejak 1996 itu akan memulai karirnya sebagai nakhoda baru pabrikan berlambang garpu tala di Indonesia mulai 1 Januari 2023.

Nantinya, pria yang karib disapa Dyon itu akan dibantu oleh Vice President yang baru, yakni Takeshita Naotaka.

3 dari 3 halaman

Infografis Kejahatan Vaksin Covid-19 Palsu di China

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.