Sukses

Cara UD Trucks Memperkuat Layanan Purnajualnya

Liputan6.com, Jakarta - Pelayanan kepada konsumen, menjadi salah satu strategi untuk terus meningkatkan penjualan bagi sebuah pabrikan otomotif, termasuk UD Trucks. Selain melakukan riset produk melalui para teknisi yang mumpuni di bidangnya, kinerja mekanik tetap menjadi komponen utama dalam suksesnya purnajual perusahaan asal Jepang ini.

Untuk tahun ini, UD Trucks Indonesia mempererat koordinasi dan kolaborasi lintas sektor dengan fokus terhadap upaya pembelajaran untuk maju di babak final Gemba Challenge 2022, di Ageo Jepang, bersama dengan Astra UD Trucks dan United Tractors.

Kompetisi final Gemba Challenge 2022 yang berlangsung di Jepang merupakan sebuah ajang kompetisi purnajual untuk para mekanik UD Trucks di seluruh dunia. Kompetisi dua tahunan ini menobatkan purnajual dari tim UD Trucks Indonesia sebagai juara pertama dan kedua.

Sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) baik untuk pelayanan penjualan maupun purnajualnya di industri angkutan truk yang saat ini sangat terbatas, menjadi tantangan yang umum di semua pelaku industri.

Gemba Challenge adalah kompetisi yang menjawab tantangan ini, karena tidak hanya menguji kemampuan mekanik secara individu, termasuk staf bagian suku cadang dan pelayanan pelanggan, namun juga bertujuan mempromosikan semangat tim dengan mendorong tim untuk memecahkan masalah bersama.

Meningkatkan keterampilan mekanik dan memperkuat kolaborasi staf frontline menjadi kunci untuk meningkatkan waktu kerja, yang juga mengarah pada peningkatan pelayanan pelanggan yang kemudian akan menciptakan sistem logistik yang lebih cerdas.

“Gemba Challenge tahun ini merupakan kegiatan pertama setelah pandemi Covid-19, sehingga tidak terbayangkan antusias para peserta dalam menyambut kehadiran kompetisi purnajual yang terbesar dari seluruh dunia," jelas Ali Rachman, Aftersales Service Manager UD Trucks Indonesia, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Selasa (29/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Kompetisi Gemba Challenge 2022

Setelah 4 tahun vakum, tahun ini 6 hub (regional) kembali berkompetisi untuk menjadi tim purnajual yang terbaik di dunia.

Kualifikasi Gemba Challenge 2022 ini, dimulai pada Februari lalu dengan dua putaran pertama yang dilakukan secara online (teori) dan putaran final yang digelar secara langsung di UD Experience Center, Ageo, Jepang yang juga sebagai kantor pusat UD Trucks selama 2 hari, pada 9-10 November 2022.

Di putaran final ini tersaring 6 tim, yaitu dua tim dari Indonesia, Afrika Selatan, Arab Saudi, Thailand, Filipina yang berkompetisi menunjukkan keterampilan dan pengetahuan dalam penyelesaian masalah terkait kendaraan heavy duty Quester.

Pada kompetisi final Gemba Challenge 2022 kali ini, Indonesia menurunkan dua tim, yaitu ID team dari United Tractors yang berhasil menjadi juara pertama dan tim Keciwis dari Astra International Sales Operations yang berhasil menjadi juara kedua setelah menyisihkan finalis lainnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS