Sukses

Mobil Listrik Tesla Terendam Banjir Jakarta, Warganet Ramai-Ramai Debat Soal Ini

Liputan6.com, Jakarta - Hujan deras mengguyur DKI Jakarta dan sekitar pada hari ini, (6/10/2022). Banjir pun mulai terlihat pada sejumlah ruas jalan. 

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyampaikan bahwa akibat hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang mengguyur DKI Jakarta dan sekitarnya pada Kamis, (06/10/2020) menyebabkan beberapa wilayah tergenang.

Genangan air yang cukup tinggi tentu membuat khawatir pengguna kendaraan, salah satunya mobil listrik. Berdasarkan unggahan @jktinfo hari ini di Instagram, terlihat mobil listrik Tesla yang terendam banjir. "Kamis (6/10) Pantauan di TB Simatupang depan gedung JGC. Harap gunakan jalur alternatif," tulis @jktinfo sebagai keterangan.

Komentar Warganet

Mobil listrik yang terendam ini tentu mengundang debat di kalangan warganet. Ada yang meragukan ketahanan mobil listrik terhadap genangan air, namun ada juga yang optimistis mobil listrik didesain agar kuat menghadapi genangan air.

"bakal jadi ajang pembuktian seberapa aman mobil listrik menghadapi banjir, apakah sama dengan mobil biasa atau malah dibawahnya," ungkap @awahyus.

"FYI Sekelas Tesla aman. Semua device standar pabrikan sudah didesign waterproof. Jd baniir kaya apapun aman.. Terkair setrum kendaraan EV digerakan dengan Power arus DC jadi gak kaya listrik rumahan AC 220v., cuma PR nya setelah tergenang banjir mesti di maintance bersihin semua biar awet komponen elektriknya. Karena kotoran menyebabkan resistan tinggi. Cmiiw," ucap @danang_sularso_wicaksono.

"HP kejebur air direndem beras, nah mobil listrik ky Tesla piyee...????," tanya fahjr_603.

Saksikan videonya di https://www.instagram.com/reel/CjXbKvgj5TY/?igshid=MDJmNzVkMjY%3D

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Jakarta Hujan Deras, Jalan Rawamangun Muka Tergenang

Hujan deras mengguyur DKI Jakarta dan sekitar pada Kamis (6/10/2022). Sejumlah ruas jalan pun tergenang air.

Kasi Ops Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, Gatot Sulaeman, melaporkan pada pukul 16.34 WIB, air meredam ruas Jalan Rawamangun Muka Selatan, Pulo Gadung Jakarta Timur.

Ketinggian genangan air di jalan tersebut berkisar 60 hingga 70 sentimeter.

"Ketinggian air 60 sentimeter sampai 70 centimeter," kata Gatot dalam keterangannya, Kamis (6/10/2022) sore.

Gatot mengatakan, pihaknya menurunkan 6 personel ke lokasi banjir Jakarta. "Sementara standby. Belum ada permintaan evakuasi," tandas dia.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyampaikan bahwa akibat hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang mengguyur DKI Jakarta dan sekitarnya pada Kamis, (06/10/2020) menyebabkan beberapa wilayah tergenang.

BPBD mencatat saat ini terdapat 7 ruas jalan tergenang dan 5 RT atau hanya 0,016 persen dari 30.470 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta.

Adapun data wilayah terdampak genangan sebagai berikut:

Jakarta Selatan terdapat 5 RT yang terdiri dari:

Kelurahan Pondok Pinang

- Jumlah: 1 RT

- Ketinggian: 50 cm

- Penyebab: Curah hujan tinggi

Kelurahan Pejaten Barat

- Jumlah: 1 RT

- Ketinggian: 40 cm

- Penyebab: Curah hujan tinggi

Kelurahan Cipete Utara

- Jumlah: 3 RT

- Ketinggian: 120 cm

- Penyebab: Curah hujan tinggi

 

Jalan Tergenang terdapat 7 ruas jalan:

1. Jalan TB Simatupang, Cilandak Barat, Cilandak (JGC Indonesia), Jakarta Selatan. Ketinggian: 30 cm.

2. Jalan Jeruk Purut, Cilandak Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.Ketinggian: 30 cm.

3. Jalan Raya Tanjung Barat, Tanjung Barat, Jagakarsa, Jakarta SelatanKetinggian: 30 cm.

4. Jalan Pejaten Raya, Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta SelatanKetinggian: 30 cm.

5. Jalan Intan, Cilandak Barat, Cilandak, Jakarta Selatan. Ketinggian: 30 cm.

6. Jalan Komplek Polri, Karet Semanggi, Setiabudi, Jakarta Selatan. Ketinggian: 30 cm.

7. Jalan Karang Tengah Raya, Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta SelatanKetinggian: 30 cm.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.