Sukses

Sebelum Menonton Langsung, Simak Kumpulan Fakta Menarik Seputar Formula E

Ajang balap Formula E akan dihelat di Sirkuit Ancol, Jakarta Utara pada 4 Juni 2022. Tiket balapan pun sudah ludes terjual, menandakan tingginya minat penonton.

Liputan6.com, Jakarta - Ajang balap Formula E akan dihelat di Sirkuit Ancol, Jakarta Utara pada 4 Juni 2022. Tiket balapan pun sudah ludes terjual, menandakan tingginya minat penonton.

Namun sebelum menontonnya, Otolovers patut mengetahui sederet fakta menarik di balik Formula E. Dikutip dari postingan Instagram @jakartaeprixofficial pada Senin (30/5/2022), berikut ulasan lengkapnya!

Emisi Terendah

Diketahui bahwa sejak musim ke-6, Formula E menjadi ajang balap dengan emisi karbon terendah. Ini dipengaruhi karena di setiap musimnya Formula E selalu berfokus pada 3 hal, di antaranya:

Pertama, Formula E selalu melakukan evaluasi dan menerapkan cara penurunan kadar emisi karbon.

Kedua, tak hanya memperhatikan emisi karbon selama balapan, Formula E juga meminimalisir emisi dalam pengiriman atau pemindahan logistik.

Selain itu, balapan mobil listrik ini selalu mendaur ulang limbah di setiap serinya dan menggunakan energi terbarukan.

Ketiga, Formula E menitikkan investasinya pada proyek-proyek yang mendukung penyelesaian isu-isu lingkungan berskala besar.

Mengintip Kecanggihan Setir Mobil Formula E, Bukan Kaleng-kaleng

Formula E memiliki setir dengan dilenkapi fitur-fitur canggih. Paling tidak ada 3 fitur penting yang bakal membantu para pembalap menjalani balapan.

Apa saja? Dilansir dari postingan Instagram @jakartaeprixofficial pada Senin (30/5/2022), berikut ulasan lengkapnya!

Multi-Switch

Di setir mobil Formula E dilengkapi dengan fitur Multi-Switch. Berguna untuk membantu pembalap mengakses berbagai setting strategi selama balapan.

Layar Setir

Kemudian ada juga layar yang berada di tengah-tengah setir mobil. Layar ini akan menampilkan data-data mobil selama balapan, seperti tekanan ban, kecepatan, tenaga, dan status baterai.

Radio Button

Terakhir ada Radio Button alias tombol radio. Fitur ini berguna untuk mempermudah pembalap dan krunya untuk berkomunikasi.

Sehingga kru tim bisa menerjemahkan setiap data yang diperoleh dan menentukan strategi balap yang sesuai. Alhasil pembalap tetap bisa fokus memacu mobilnya.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anies Tinjau Sirkuit Formula E Jakarta, Optimis Balapan Digelar Tepat Waktu

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau kesiapan Formula E di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Rabu (1/6/2022). Dia pun mengatakan, tiga hari jelang pertandingan, sirkuit telah siap pakai.

"Kita bersyukur penjualan tiket sudah tuntas. Dan ada beberapa finalisasi yang sifatnya kosmetik, pengecetan, pemasangan stiker-stiker tapi semua yang sifatnya subtansi untuk terselenggaranya Jakarta E-Prix sudah siap," ujar Anies saat meninjau kesiapan Formula E di Kawasan Ancol, Jakarta Utara, Rabu (1/6/2022).

Dalam peninjauan tersebut, Anies Baswedan ditemani Chief Competition Officer Formula E Alberto Longo, Ketua Panitia Organizing Committee Formula E Ahmad Sahroni, dan pihak terkait.

Di hadapan mereka, Anies juga menyampaikan ucapan syukur dan terima kasih atas kerja sama seluruh pihak karena telah menyiapkan sirkuit Formula E dengan persiapan optimal.

Melihat kesiapan itu, Anies juga mengaku optimistis perhelatan balap mobil listrik itu digelar tepat waktu. Selain itu, ia juga menyampaikan, seluruh pembalap Formula E telah tiba di Jakarta hari ini.

"Insyaallah beberapa hari ke depan semuanya akan tuntas. Para pembalap sore ini akan 100 persen tiba di Jakarta," pungkas Anies.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.