Sukses

5 Mobil Listrik Pilihan Bagi yang Mau Mudik Lebaran 2022 Bebas Ganjil Genap

Masyarakat Indonesia bisa kembali pulang ke kampung halaman setelah diizinkan oleh pemerintah. Bagi Anda yang berminat mudik Lebaran 2022, sebaiknya berangkat lebih awal untuk menghindari kepadatan jalan.

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat Indonesia bisa kembali pulang ke kampung halaman setelah diizinkan oleh pemerintah. Bagi Anda yang berminat mudik Lebaran 2022, sebaiknya berangkat lebih awal untuk menghindari kepadatan jalan.

"Yang berat memang adalah yang mudik lewat darat. Ada 23 juta mobil yang akan mudik (dan) 17 juta sepeda motor yang akan mudik. Angka-angka ini bukanlah angka-angka yang kecil," papar Jokowi, dikutip dari video YouTube unggahan akun Sekretariat Presiden, Rabu (20/4/2022).

Untuk mengurangi potensi kemacetan, pemerintah memberlakukan beberapa aturan jalan. Salah satunya adalah sistem ganjil genap di jalan tol, yang berlaku untuk kendaraan berbahan bakar konvensional.

Oleh sebab itu, bagi yang tidak ingin berangkat tepat waktu, beberapa mobil listrik berikut ini bisa menjadi pilihan menarik untuk digunakan selama mudik.

1. DFSK Gelora E

Pertama adalah DFSK Gelora E. Mobil ini masih menjadi pilihan mobil listrik termurah di Indonesia, yakni Rp 480 juta untuk tipe Blind Van atau Rp 577,8 juta untuk varian Mini Bus.

Untuk mudik, tipe Mini Bus lebih ideal karena DFSK menyematkan deretan kursi hingga baris ketiga. Tidak hanya itu, bentuk bodi yang mengotak dan adanya kaca untuk setiap kursi meningkatkan kepraktisan dan kenyamanan mobil.

Lantaran berbasis mobil niaga, kumpulan fitur mobil ini cukup standar. DFSK Gelora E sudah dilengkapi C, power window, head unit 8 inci, tuas transmisi model kenob, speedometer dengan MID, kamera mundur, ABS, EBD, serta sensor parkir belakang.

Motor listrik bawaannya mempunyai daya pacu sebesar 82 hp dengan torsi maksimal 200 Nm. Mobil listrik ini menggunakan baterai berukuran 42 kWh dan bisa menempuh jarak sekitar 300 km atau lebih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Hyundai Ioniq

Berikutnya adalah Hyundai Ioniq. Hyundai menawarkan dua model, yakni Ioniq Prime dengan banderolan Rp 682 juta atau tipe termahal Ioniq Signature yang dijual Rp 732 juta.

Tipe Signature, selain lebih mahal, juga menjadi model dengan paket fitur lebih lengkap. Mobil ini telah disematakan kursi elektrik, ambient lighting, pendingin dan pemanas kursi, serta ada sunroof di atap.

Selain itu, Hyundai Ioniq Signature juga disematkan peranti keselamatan Hyundai Smartsense. Artinya teknologi seperti Collision Mitigation Braking System, Blind Spot Warning dan Rear Cross Traffic Alert sudah tersedia pada model ini.

Jantung pacu elektriknya menghasilkan tenaga 139hp dan torsi 295Nm. Hyundai menyematkan baterai  38,3kWh dan mengklaim bahwa mobil ini sanggup menjelajah sejauh 373 km. Akselerasi 0-100 km/jam membutuhkan waktu 9.9 detik.

3. Hyundai Kona Electric

Alternatif dari Hyundai Ioniq adalah Kona Electric. Mobil ini mengusung bodi SUV dengan ground clearance lebih tinggi, cocok untuk melintasi berbagai macam jalan yang lebih menantang.

Lantaran dijual hanya sebagai tipe Signature, Kona Electric juga sama kompletnya seperti Ioniq Signature. Dengan kata lain mobil ini sudah mempunyai sunroof, kursi dengan pemanas dan pendingin, wireless charging dan bahkan Hyundai Smartsense.

Hyundai Kona Electric dipasangkan motor listrik dengan semburan tenaga 34 hp dan torsi puncak 395 Nm. Baterainya berukuran 39.2 kWh dan mempunyai jarak tempuh 345 km. Akselerasi 0-100 km/jam membutuhkan waktu 9.7 detik.

Hyundai menjual mobil ini dengan harga Rp 742 juta.

 

 

 

 

3 dari 3 halaman

4. Nissan LEAF

Pilihan berikutnya adalah Nissan LEAF. Hatchback satu ini sempat diperkenalkan di GIIAS 2019, namun baru tahun lalu dijual secara resmi ke publik.

Meski lebih telat dibanding yang lain, mobil listrik tawaran dari Nissan ini tidak kalah menarik. Nissan LEAF sudah dilengkapi serangkaian fitur kenyamanan dan keselamatan, di antaranya pemanas kursi, jok kulit, speedometer digital, Forward Collision Warning and Braking System, Intelligent Trace Control, kamera 360 derajat dan masih banyak lagi.

Nissan menyematkan motor listrik dengan total output 148hp dan torsi maksimal 320Nm. Dengan baterai 40kWh, mobil ini bisa menempuh jarak 311 km dalam sekali pengisian daya. Akselerasi dari 0-100 km/jam hanya membutuhkan waktu 7.9 detik.

Mobil ini dijual mulai dari Rp 728 juta.

5. Lexus UX300e

Terakhir adalah pilihan mobil listrik premium, yakni Lexus UX300e. Mobil ini ditawarkan dengan harga Rp 1.4 miliar dan menjanjikan rasa berkendara yang mewah, berbeda dengan kompetitor lainnya.

Harga yang relatif tinggi tersebut diikuti dengan beragam fitur yang menarik, di antaranya jok kulit dengan motif 'sashiko', wireless illumination, serta sistem audio premium merek Mark Levinson dengan 13 speaker.

Lexus UX300e dibekali perangkat keselamatan komplet, seperti 10 airbags, lane trace assist, pre-collision system, blind spot monitor, dynamic radar cruise control, head up display, kamera panoramic.

Dapur pacu listriknya memuntahkan tenaga sebesar 201 hp dengan torsi maksimal 301 Nm. Dengan baterai berukuran 54.3 kWh, SUV ini sanggup menempuh jarak 300km. Akselerasi 0-100 km/jam membutuhkan waktu 7.5 detik saja.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.