Sukses

Pakai Kendaraan Listrik, Operator Taksi Ini Dapat Apresiasi dari Menteri Perhubungan

Salah satu operator taksi di Indonesia, Bluebird, mendapat apresiasi langsung dari Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, atas penggunaan kendaraan listrik sebagai salah satu armadanya.

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah maraknya kendaraan listrik yang dipakai oleh masyarakat, juga ikut diimbangi oleh penyedia jasa angkutan umum seperti taksi.

Salah satu operator taksi di Indonesia, Bluebird, mendapat apresiasi langsung dari Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, atas penggunaan kendaraan listrik sebagai salah satu armadanya.

Dalam siaran persnya, Kementerian Perhubungan, menjelaskan bahwa apa yang dilakukan oleh operator taksi dengan logo burung biru ini merupakan sebuah langkah yang sejalan dengan visi dan misi pemerintah dalam menghadapi era elektrifikasi.

“Pemerintah mendukung penuh langkah Blue Bird untuk kelangsungan dunia yang lebih baik ke depannya,” jelas Budi Karya Sumadi, melalui siaran persnya.

Di samping itu, penggunaan kendaraan listrik sebagai armada juga sebagai implementasi penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) sebagaimana tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program KBLBB untuk Transportasi Jalan.

"Penggunaan kendaraan listrik merupakan upaya mewujudkan transportasi yang berkelanjutan (sustainable). Diharapkan, langkah ini dapat mempercepat terwujudnya ekosistem kendaraan listrik yang terintegerasi pada tahun 2030, dan mencapai target net zero emission pada 2060," tambah Budi.

Dengan aktifnya perusahaan tersebut menggunakan kendaraan listrik, Menteri Perhubungan berharap langkah ini menjadi pionir dan dapat diikuti oleh perusahaan lainnya di sektor transportasi untuk menyokong program percepatan implementasi KBLBB ini.

Dalam kesempatan tersebut, Menhub Budi sempat menjajal kendaraan listrik Tesla, yang digunakan sebagai angkutan taksi Silver Bird dari Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten menuju Jakarta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Distributor Jeep di Indonesia Siap Datangkan Mobil Listrik ke Tanah Air

Target pemerintah untuk mempercepat kehadiran mobil listrik di Indonesia, disambut baik PT DAS Indonesia Motor, selaku distributor remi Jeep di Tanah Air. Dalam perencanaan line up apa yang bakal diluncurkan, mereka telah menyiapkan salah satu unit terbaiknya untuk pasar Indonesia.

Dhani Yahya selaku Chief Operating Officer PT DAS Indonesia Motor, menjelaskan bahwa kemungkinan Jeep bakal merilis kendaraan listrik sangat terbuka lebar. Terlebih, mereka sudah memiliki jagoan yang akan dipersiapkan untuk memikat konsumen dalam negeri.

Salah satu model yang memungkinkan adalah Jeep Wrangler 4xe dan sudah dirilis dalam beberapa waktu lalu. Karakter SUV yang kuat dan sangat identik dengan brand legendaris asal Amerika Serikat ini, menjadi salah satu hal yang menurut Dhani sangat mungkin untuk masuk ke Indonesia.

"Model Wrangler ini banyak peminat, sementara Jeep 4xe ini dibekali mesin besar dan bisa lebih hemat bahan bakar karena dibekali Plug-In Hybrid, jadi menurut saya model ini masih mumpuni untuk digunakan macet-macetan di jalan raya," jelas Dhani, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Selain Jeep Wrangler 4xe, model lain yang sekiranya bakal masuk dalam target DAS Indonesia Motor adalah Junior Jeep. Model SUV berukuran compact ini dinilai sangat cocok untuk ditawarkan ke konsumen Jeep dengan dukungan full electric sebagai sumber dayanya.

3 dari 3 halaman

Infografis: 14 Layanan Publik Komersial Yang Wajib Bayar Royalti Lagu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.