Sukses

Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 30th Anniversary Hadir di Indonesia, Harga Rp 1 M Lebih

PT Astra Honda Motor (AHM) Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 30th Anniversary untuk pasar Indonesia. Motor gede (moge) 1000cc ini dihadirkan untuk memenuhi permintaan konsumen

Liputan6.com, Jakarta - PT Astra Honda Motor (AHM) Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 30th Anniversary untuk pasar Indonesia. Motor gede (moge) 1000cc ini dihadirkan untuk memenuhi permintaan konsumen soal motor sport berfitur lengkap, performa tinggi, dan juga punya nilai histori yang panjang.

 

"CBR1000RR-R Fireblade SP Edisi Spesial 30 tahun akan memberikan pengalaman berkendara tertinggi. Kehadirannya di Tanah Air didukung layanan terbaik di jaringan Big Wing Honda yang siap memberikan layanan premium bersama tim terlatih untuk menemani pecinta flagship big bike Honda," terang Direktur Marketing PT AHM Thomas Wijaya lewat keterangan resmi yang OTO.com terima, Kamis (17/3).

Sebagai informasi, Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 30th Anniversary pertama kali diperkenalkan pada pameran otomotif EICMA 2021 di Italia. Sebagai edisi khusus, moge ini mengusung livery yang identik dengan CB9000RR pada medio 1992. Perpaduan warna putih, merah, dan biru menyajikan visual yang berbeda dan penuh dengan sejarah.

Secara tampilan, motor ini tak berbeda jauh dengan CB1000RR-R Fireblade SP versi reguler yang lebih dulu dijual di Indonesia pada Agustus 2020 lalu. Desainnya masih terlihat agresif dan mengedepankan unsur aerodinamika, hampir semua bagian diciptakan untuk mendapatkan downforce maksimal saat berakselerasi, mengerem, dan bermanuver.

Tak hanya itu, DNA motor balap juga tercermin dari aplikasi Air-ram Duct (lubang udara) di bagian depan yang mengalirkan udara segar langsung menuju airbox.

Bagian dalam saluran udara masuk didesain ulang untuk mendapatkan suplai udara yang lebih sempurna, mendukung fokus keseluruhan pada peningkatan performa putaran mesin menengah.

Menilik rancang bangunnya mulai dari sasis dan mesin tak ada perbedaan signifikan dengan versi reguler. Dia masih mengemas mesin berkubikasi 999,9 cc, 4-silinder inline yang mampu menyemburkan tenaga maksimal sampai 215 daya kuda pada 14.500 rpm dan torsi puncak hingga 113 Nm di 12.500 rpm.

Namun khusus model ini menggunakan piston berbahan aluminium tempa (Forged Aluminium). Masing-masing komponen tersebut (terdapat 4 buah) berbobot lebih ringan 5 persen dibandingkan model sebelumnya, sekaligus menaikkan kekuatan dan ketahanannya.

Detail yang lain komponen camshaft diberi lapisan khusus yang disebut Diamond Like Carbon (DLC) untuk mengurangi friksi hingga 35 persen jika dibandingkan dengan komponen yang sama tanpa lapisan DLC. Sementara Connecting rods (konrod) menggunakan bahan titanium, sehingga bagian ini bobotnya berkurang 50 persen.

Dijelaskan lebih lanjut, teknologi unggulan yang disuntik pada superbike ini adalah Built-in Bottom Bypass, sebuah sistem sirkulasi air pendingin yang dialirkan langsung dari radiator tepat menuju komponen utama ”water jacket”.

Kemudian ada juga New Multi-point Piston Jet, teknologi yang mampu menyemprotkan pelumas pendingin pada piston dari berbagai arah. Tugasnya menjaga temperatur piston dan mengurangi gesekan berlebih.

Guna mengimbangi output mesinnya yang gahar, motor ini ditunjang dengan sistem pengereman yang advanced. Di depan misalnya, tersemat Brembo Dual Front Disc Brake Radial 4 piston berukuran 330mm, sementara di belakang ditopang dengan Brembo 2 piston 220mm.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kelengkapan Fitur dan Harga

Sebagai motor dengan spesifikasi buas, tentu soal fitur dan teknologi juga jadi fokus dari pabrikan. Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 30th Anniversary dijejali segudang peranti keasyikan berkendara dan penunjang teknologi keamanan tingkat tinggi.

Adapun fitur yang disematkan di antaranya Inertial Measurement Unit (IMU) 6-Axis, Honda Electronic Steering Damper (HESD), Riding Mode, Honda Selectable Torque Control (HSTC)Wheelie Control, Suspensi Depan Upside Down Ohlins Smart EC, Suspensi Belakang Pro-Link dengan Gas Chamber Ohlins Smart-EC, Rear Lift Control, Start Mode, Assist & Slipper Clutch, Quick Shifter, dan Anti-Lock Braking System (ABS).

Sekadar informasi livery khusus ini adalah hasil karya dari Hiroaki Tsuiki. Pada 1992, dia memiliki tugas untuk mendesain livery putih, merah, biru khas tersebut di Honda CBR900RR.

Nah sebagai diferensiasi dengan Fireblade SP standar, pabrikan menyematkan beberapa detail eksklusif. Mulai dari nomor seri di samping kanan segitiga atas, animasi 'Ring of Fire' di cluster meter, jok penumpang berwarna biru, logo 30th Anniversary di dekat tangki BBM serta keyless, dan penggunaan knalpot besutan Akrapovic sudah menjadi paket penjualan.

Untuk banderol jualnya di pasar Indonesia, Honda CBR1000RR-R Fireblade SP Edisi Spesial 30 Tahun ini ditawarkan dengan harga Rp 1,058 miliar OTR Jakarta. Menariknya mahar itu lebih murah ketimbang Honda CBR 1000RR-R Fireblade SP reguler yang pada Februari 2022 kemarin dilego Rp1,118 miliar OTR Jakarta.

Kehadiran varian spesial ini lantas membuka peluang jika ke depan unitnya akan menjadi barang incaran kolektor bernilai tinggi. Mengingat jumlah produksinya yang terbatas dan sejarah panjang livery yang diusungnya punya daya tarik tersendiri bagi para loyalis Honda.

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini