Sukses

Kejar Target Emisi, Mazda2 Terbaru Gunakan Basis Toyota Yaris

Meskipun belum ada gambar resmi dari Mazda2 baru ini, sebuah spyshoot telah menunjukan bahwa Mazda 2 baru akan menggunakan basis Toyota Yaris

Liputan6.com, Jakarta - Tahun lalu, Mazda telah mengumumkan untuk membawa model yang berdasarkan OEM dari Yaris THS. Kemudian, tahun ini, informasi tersebut semakin jelas, jika kendaraan tersebut ada Mazda2 generasi terbaru, yang akan didasarkan Yaris hybrid di Eropa.

Dilansir Paultan, langkah ini dikatakan membantu pembuat mobil yang berbasis di Hiroshima tersebut untuk mencapai target emisi CO2 Uni Eropa, dengan menggunakan teknologi milik Toyota.

Meskipun belum ada gambar resmi dari Mazda 2 baru ini, sebuah spyshot telah menunjukkan bahwa Mazda 2 baru akan menggunakan basis Toyota Yaris. Terlihat dari fasilitas Mazda di Eropa, yang terdapat mobil mirip Yaris dengan emblem yang ditutupi. Tapi, masih terlihat cukup jelas logo M di bagian depan mobil tersebut.

Selain lambang Mazda, sisa mobil ini cukup banyak meniru hatchback Toyota, sampai ke lambang Hybrid di belakang. Di Eropa, Yaris Hybrid dilengkapi mesin tiga silinder berkapasitas 1.5 liter naturally-aspirated M15A-FXE dengan tenaga 91 tk dan torsi 120 Nm, yang dipasangkan dengan motor listrik bertenaga 79 tk (59 kW) dan torsi maksimum sebesar 141 Nm.

E-motor mengambil daya dari baterai lithium-ion dengan kapasitas energi 4,3 Ah dan berkontribusi pada output sistem total 114 tk. Mesin tersebut, dikawinkan dengan e-CVT serta penggerak roda depan.

Dari segi efisiensi, Yaris Hybrid memiliki konsumsi bahan bakar gabungan serendah 3,8 l/100 km mengikuti standar WLTP.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bukan model pertama

Sebagai informasi, ini bukan pertama kalinya Mazda dan Toyota berbagi model, karena Yaris Hatchback 2020 yang sebelumnya dijual di Amerika Serikat didasarkan pada Mazda2.

Contoh lain dari rekayasa lencana yang melibatkan Toyota di Eropa adalah Suzuki Across, yang merupakan model plug-in hybrid dengan tumpuan yang sama dengan RAV4 Prime yang berfungsi untuk membantu Suzuki mengurangi emisi.

Dengan pemikiran itu, Mazda2 yang berbasis Yaris mungkin merupakan model kepatuhan khusus untuk Eropa, dan kita bisa melihat model generasi berikutnya yang tepat yang dibangun di atas Arsitektur Multi-Solution Scalable milik Mazda pada masa depan.

Di Jepang, Mazda2 generasi ketiga, yang telah ada sejak 2014, mendapat pembaruan yang cukup signifikan untuk model 2021.

3 dari 3 halaman

Infografis Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.