Sukses

Tips Mengendarai Mobil agar Penumpang Tidak Mual

Dalam berkendara, pengemudi juga harus memahami bagaimana caranya agar penumpang nyaman dan tidak mual selama perjalanan. Simak tipsnya berikut ini

Liputan6.com, Jakarta - Saat membawa mobil, kerap kali ada penumpang yang merasakan mual. Hal ini lumrah terjadi lantaran gaya berkendara seseorang yang terkesan ugal-ugalan.

Untuk menciptakan suasana yang nyaman dan aman di dalam mobil, ada baiknya Anda mengetahui perihal faktor apa saja yang membuat penumpang mual saat Anda membawa mobil.

"Mual itu terjadi karena dinamika kendaraan. Dinamika itu seperti goncangan yang timbul dari cara berkendara ataupun medan yang dilintasi, dan terkait dengan G-Force yang terlalu banyak," buka Anjasara Wahyu, dari Harmoni Safety Center, Pelatihan K3 & Keselamatan Berkendara, ketika dihubungi Liputan6.com.

Agar efek mual tidak dirasakan oleh penumpang, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Menurutnya, kondisi jalan berkelok serta akselerasi dan deselerasi kendaraan memiliki peran yang penting agar penumpang tidak merasa mual.

"Kalau misalkan berkendara membuat penumpang mual, solusi yang bisa dijalankan adalah kita lihat dan prediksi tikungan di depan seperti apa. Kita juga harus memperlambat laju kendaraan atau melakukan deselerasi, jauh sebelum tikungan," tambah Anjasara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jaga Jarak dengan Kendaraan Depan juga Harus Diperhatikan

Selain itu, faktor jaga jarak juga menentukan dinamika mobil. Menurutnya, untuk memberikan kenyamanan kepada penumpang usahakan untuk memberi jarak tiga detik dari mobil yang ada di depan.

"Selanjutnya adalah jaga jarak. Jaga jarak ideal itu 3-4 detik dr kendaraan depan, agar tidak melakukan akselerasi atau deselerasi secara mendadak. Hitungan detiknya bukan satu, dua tiga. Tapi cara menghitungnya adalah seribu satu, seribu dua, seribu tiga dan seterusnya," bebernya.

3 dari 3 halaman

Infografis Optimistis Indonesia Kembali Jadi Negara Menengah - Atas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.