Sukses

Mudah Kok, Ini Cara Bersihkan Helm

Liputan6.com, Jakarta Jika aktivitasmu menggunakan kendaraan roda dua atau motor, artinya helm merupakan salah satu perlengkapan utama yang wajib dimiliki. Meski selama pemakaian rutin helm kamu nggak terlihat kotor dari luar, kebersihannya tetap harus dijaga.

Itulah alasannya mulai muncul toko yang menawarkan jasa membersihkan helm. Tapi kalau lagi pandemi seperti sekarang ini, membersihkan helm di rumah, bisa jadi alternatif pilihan kok. 

Hmm, susah nggak sih ngebersihin helm sendiri? Nggak kok, kamu pasti bisa dengan mengikuti beberapa cara berikut ini: 

2 dari 5 halaman

1. Buka Bagian Helm

Paling pertama sebelum mulai mencuci helm adalah melepaskan semua padding alias busa bagian atas helm. Perhatian semua posisi pada kancing-kancing helm saat melepas padding, agar nggak merusak atau bahkan merobeknya. 

 

3 dari 5 halaman

2. Siapkan Air Hangat

Siapkan ember yang berisi air hangat dan campurkan dengan sampo secukupnya. Aduk rata campuran air dan sampo, lalu rendam padding selama 5-10 menit agar kotoran hilang dan kuman mati. 

 

4 dari 5 halaman

3. Pakai Sikat Gigi Halus

Setelah direndam sekitar 10 menit dan air sudah mulai dingin, ambil padding dan gosok bagian yang kotor menggunakan sikat gigi bekas. Langkah ini, bertujuan untuk menghilangkan noda atau kotoran, sehingga bisa membuat padding kembali bersih.

Di poin ini, jangan menyikat padding di ember bekas rendaman. Ada baiknya kamu menyikat padding ada ember yang berisi air bersih. Ini penting dilakukan agar kotoran nggak kembali mengendap di padding. 

 

5 dari 5 halaman

4. Jemur

Jika tahapan di atas sudah selesai, sebaiknya padding basah tak langsung diperas. Itu karena dapat merusak busa di bagian dalam dan membuat cepat kempes.

Lalu jemur padding di bawah panas matahari. Perlu diingat, jangan menjemur saat cuaca mendung atau saat hujan karena dapat membuat busa lembab. 

Nah setelah kering, pasang kembali di tempat semula. Berikan pewangi helm agar lebih harum. Setelah itu, helm bisa digunakan kembali dengan nyaman. Gimana, gampang banget kan caranya? 

Oh ya, jika memang helm kamu memang sulit dibersihkan karena padding yang sudah mengempes dan robek, ada baiknya mempensiunkannya. Yuk ganti dengan yang baru, demi menjaga kesehatan dan keselamatanmu selama berkendara. 

Buka aplikasi Tokopedia sekarang dan mulailah mencari helm terbaik versi kamu. Oh ya, salah satu rekomendasi pelindung kepala selama berkendara adalah helm Cargloss. 

Helm Cargloss diproduksi sejak 1985 dan sampai hari ini peminatnya semakin bertambah. Itu karena helm Cargloss sudah dikenal memiliki berbagai keunggulan. 

Mulai dari segi material yang berkualitas, memperoleh sertifikat keamanan SNI, dan nggak lupa beragam model yang ditawarkan untuk menunjang penampilanmu dalam berkendara. 

Salah satunya helm Bogo Cargloss yang merupakan jenis helm half face dengan  desain retro. Helm ini jadi banyak incaran milenial, selain karena model yang beragam, harga helm Cargloss pun cukup terjangkau. 

 

(*)