Sukses

Hemat Biaya Car Wash, Ikuti Cara Mencuci Mobil yang Benar di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Selama pandemi, mencuci mobil menjadi salah satu aktivitas baru. Ya, hal ini memang menjadi pilihan tepat. Selain karena hemat, kita juga ikut memutus rantai penyebaran penularan virus. 

Tapi pertanyaannya sekarang, apakah cara mencuci mobilmu sudah benar? Jangan sampai lantaran ingin mencuci mobil di rumah, kamu justru malah membuat kendaraanmu terbaret atau membuat warna kendaraanmu memudar. 

Biar lebih jelas, yuk simak beberapa tips cara mencuci kendaraan roda empat dengan benar. 

 

2 dari 4 halaman

1. Alat Mencuci Mobil

Membersihkan mobil di rumah juga lebih hemat biaya. Itu karena peralatan yang dibutuhkan terbilang murah dan cukup mudah ditemukan. Oleh karena itu pastikan kamu sudah menyiapkan beberapa kebutuhannya, mulai dari shampo, busa atau sponge, selang, lap microfiber, dan kanebo. 

Oh ya, jangan menggunakan sampo yang biasa kita gunakan, sabun colek, atau bahkan pembersih dengan kadar detergen tinggi ya. Itu karena dapat merusak lapisan pelindung cat mobilmu. 

 

3 dari 4 halaman

2. Hindari Mencuci di Area Terbuka

Poin ini maksudnya, pastikan mencuci mobil di area yang beratap, seperti garasi. Usahakan kamu nggak mencuci mobil di area yang terkena sinar matahari langsung. Itu karena air ledeng atau air PAM yang digunakan saat mencuci mengandung mineral cukup tinggi. Kemungkinan timbul jamur atau waterspot bisa terjadi. 

 

4 dari 4 halaman

3. Area Mobil yang Akan Dibersihkan

Jika semua peralatan sudah siap dan kamu mencuci di area yang terhindar matahari, mulailah menyemprotkan air ke setiap bagian mobil. 

Oh ya, ketika kamu mencuci dengan tekanan tinggi, pastikan nggak menyemprotkan secara horizontal ya. Itu karena dapat membuat kotoran bukannya turun terbawa air, malah justru menyebar. Cara terbaik menyemprotkan air dengan memiringkan semprotan ke arah samping. 

Kemudian mulailah mencuci dari bagian bawah dulu, seperti roda, velg, dan kolong mobil. Menyusul ke bagian body mobil sampai ke bagian atas. 

Nah tiga cara di atas bisa menjadi patokanmu saat mencuci mobil. Tapi ada hal lain yang harus diperhatikan sebelum mencuci mobil. Adalah penggunaan care car yang tepat. 

Rekomendasi terbaik perawatan mobilmu adalah produk dari 3M Indonesia. Ya, 3M Indonesia menghadirkan beragam paket khusus perawatan mobil yang dibanderol dengan harga sangat terjangkau dan bisa kamu cari di Tokopedia. 

Salah satu produk yang di-bundling misalnya 3M Car Wash Soap Gold Series yang memiliki PH netral bersifat non korosif sehingga lebih aman untuk kendaraan mobil kamu. Oh ya, selain produk perawatan mobil, 3M juga menghadirkan beragam produk untuk menunjang kebutuhan atau aktivitasmu. 

Masker 3M tiga layer misalnya yang dirancang dengan standar anyaman terbaik serta memiliki tingkat filtrasi tinggi atau Bacterial Filtration Efficiency (BFE) lebih baik sekitar 95%. Ada juga masker reusable seperti 3M Filter Masker N95 yang efektif melindungi dari partikel yang aerosol dan airborne. 

Selain masker, 3M juga unggul dalam produk pelengkap lain. Mulai dari stiker reflektor, anti fores speedometer protector, hingga masking tape, dan double tape 3M. Semuanya bisa kamu cari dan beli di Tokopedia. Yuk download aplikasinya sekarang!

 

(*)