Sukses

Plus Minus Mobil dengan Suspensi Independen dan Gardan Solid

Liputan6.com, Jakarta - Pada dasarnya, komponen suspensi yang diaplikasikan di mobil terbagi menjadi dua yakni independen dan gardan solid. Untuk tingkat kenyamanan yang lebih baik, memang mobil yang mengadopsi shockbreaker independen memiliki bantingan serta handling yang lebih baik. Namun, kedua jenis suspensi tersebut memiliki keunggulan dan kekurangannya.

Lantas, untuk mengetahui apa saja yang menjadi keuntungan serta kekurangan dari suspensi independen dan gardan solid, offroader nasional Julian Johan membagikan pengetahuannya.

Menurutnya, meski memiliki tingkat kenyamanan yang lebih baik, namun suspensi independen biasanya dibanderol dengan harga yang lebih mahal.

"Untuk suspensi double wishbone (independen) memang perangkat ini menang nyaman. Untuk handling yang dihasilkan juga lebih baik untuk dikendaliin. Serta, soal settingan suspensi juga bisa lebih kompleks untuk mengatur alignment," jelas Julian Johan yang akrab disapa Jeje.

Sementara di balik kenyamanan yang diberikan, ternyata suspensi model ini juga memiliki kekurangan. Kekurangan yang dijelaskan oleh Jeje, tidaklah difokuskan pada kualitas, tetapi memang dari harga jualnya yang lumayan tinggi.

"Kekurangan suspensi independen double wishbone memang model ini lebih banyak menggunakan parts, dan lebih ribet. Di samping itu juga harga yang dipatok juga lebih mahal," tambah Jeje.

 

2 dari 4 halaman

Keuntungan dan Kekurangan Suspensi Gardan Solid

Sedangkan untuk model suspensi gardan solid, meski terbilang umum namun ada beberapa poin yang menjadi keunggulan. Dan kebanyakan, suspensi model ini digunakan oleh mobil-mobil niaga yang membutuhkan karakter kuat pada sistem suspensinya.

"Keuntungan suspensi gardan solid, pertama konstruksi yang dihadirkan lebih simple, terus harga juga lebih murah dan strukturnya juga lebih kuat lebih kuat. Makanya kalau truk atau beberapa kendaraan berat masih pakai gardan solid," beber Jeje.

Dari sisi kekurangan, gardan solid memang memiliki kekurangan di mana menurut Jeje, handling serta bantingan yang dihasilkan oleh suspensi model ini tidak senyaman suspensi independen.

Mengenai sistem suspensi independen yang beredar, jenis ini dibedakan atas dua klasifikasi yakni double wishbone dan McPherson.

Di mana untuk McPherson sendiri merupakan bentuk yang lebih sederhana dari double wishbone karena struktur yang dihadirkan lebih ringkas.

3 dari 4 halaman

Infografis Kunci Hadapi Covid-19 dengan Iman, Aman dan Imun

4 dari 4 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini