Sukses

Musim Hujan Telah Tiba, Lakukan 5 Hal Ini Saat Mengendarai Mobil

Liputan6.com, Jakarta - Hujan sudah mulai mengguyur di berbagai wilayah di Indonesia. Sebagai pengguna mobil, berkendara di musim hujan tentu saja berbeda dibanding musim kemarau.

Saat hujan turun jalanan menjadi licin, jarak pandang terbatas, dan juga perilaku pengguna kendaraan lainnya juga berubah. Untuk menghindari kecelakaan, Anda sebaiknya mempersiapkan diri sebaik mungkin. Berikut ulasan lengkapnya yang dikutip dari akun Instagram @divisihumaspolri.

1. Cek Kondisi Ban

Sebelum melakukan perjalanan, Anda harus mengecek beberapa komponen mobil, salah satunya adalah ban. Pastikan tekanan angin, telapak, alur, dan dinding ban tidak aus atau rusak.

2. Cek Lampu

Kemudian cek juga bagian pencahayaan, baik itu lampu depan, belakang, hingga sein. Pasalnya saat berkendara di guyuran hujan lampu menjadi alat komunikasi antar pengemudi. Selain itu, pencahayaan juga penting untuk memperjelas pandangan pengemudi ke jalan atau kondisi di depannya.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Pelan saat Ada Genangan

Saat hujan biasanya beberapa bagian jalan ada yang tergenang air. Nah, Otolovers harus mengurangi kecepatan mobil saat melewatinya.

Hal ini penting dilakukan, sebab genangan air yang ada bakal menutup jalan yang berlubang. Dan jika mobil melaju kencang saat melewatinya, tentu akan berisiko terjadi kecelakaan.

Selain itu, melaju pelan di genangan air juga penting supaya cipratan air dari roda tidak sampai ke atas hingga mengenai pengendara lainnya.

3 dari 4 halaman

4. Cek Kondisi Wiper

Air hujan tentu sangat menggangu visibilitas pengemudi. Maka dari itu kondisi wiper harus dicek terlebih dulu sebelum berkendara. Ini dilakukan untuk memastikan kinerja wiper sudah bekerja dengan baik atau belum.

5. Jaga Jarak Aman

Terakhir adalah menjaga jarak aman dengan kendaraan lainnya. Ini dilakukan agar tidak terjadi tabrakan saat kendaraan di depan mengerem mendadak.

Sumber: Otosia.com

4 dari 4 halaman

Infografis 6 Cara Aman Buang Masker Sekali Pakai

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.