Sukses

Menguak Penyebab Lampu Sein Mati Sebelah

Liputan6.com, Jakarta - Sistem pencahayaan atau lampu menjadi komponen pada kendaraan yang memiliki peran penting. Tidak cuma headlamp maupun stop lamp, lampu sein juga memiliki peranan yang tak kalah vital. 

Lampu sein menjadi salah satu komponen penting pada kendaraan tersebut terutama di musim hujan seperti saat ini. Lampu ini berfungsi sebagai pemberitahuan kepada pengendara di belakang jika kendaraan di depannya akan berbelok.

Namun ada satu hal yang terkadang membuat kesal dengan lampu ini. Alih-alih mati keduanya, sering kali lampu sein mati sebelah. Kamu pun harus memperbaiki dan mengetahui penyebabnya.

Dikutip dari Suzuki, Selasa (1/12), ada beragam penyebab lampu sein motor mati sebelah yang harus kamu dikenali untuk keamanan saat berkendara. Salah satunya adalah saklar yang kotor.

Kamu bisa memeriksanya sendiri dengan cara menggerakkan saklar tersebut. Saklar yang masih beroperasi dengan baik adalah lampu bergerak sesuai yang diarahkan. Sebaliknya saklar rusak ketika tidak dapat mengirimkan sinyal dan membuat sein mati sebelah.

Kedua, flasher sein yang rusak atau kotor. Fungsi flasher sein adalah membuat sein motor berkedip. Sirkuit listrik yang ada di flasher mengatur arus agar membuat kedipan pada sein motor.

Sein motor yang terus menyala tanpa berkedip menjadi tanda bahwa flasher sein yang rusak terjadi pada sirkuit tengah ketika titik sentuh dalam posisi bertemu.

Jika sein motor tidak menyala, artinya titik sentuh yang berada di sirkuit tengah tersebut berpisah.

 

2 dari 5 halaman

Bohlam dan Kabel Putus 

Ketiga, bohlam dan kabel putus. Bohlam dan kabel yang putus pada komponen motor juga dapat menjadi penyebab sein mati sebelah. Apabila salah satu bohlam ada yang putus, ini akan berpengaruh pada bohlam lainnya.

Satu bohlam yang putus dapat membuat sein tidak berkedip meskipun dalam keadaan menyala.

Bohlam-bohlam pada sein saling mempengaruhi satu sama lain. Dengan demikian, kamu harus memastikan bahwa seluruh bohlam pada sein tidak ada yang mengalami kerusakan atau putus.

Jika salah satu bohlam putus, ini akan membuat sein motor menjadi terganggu.

 

3 dari 5 halaman

Tegangan Aki

Keempat, tegangan aki tidak maksimal. Jika telah memastikan bahwa seluruh komponen pada motor terpasang dengan baik dan tidak ada kerusakan, sementara sein tetap mati sebelah mungkin karena ada penyebab lainnya.

Di antara penyebab lain yang dapat membuat sein motor mati sebelah adalah tegangan aki yang tidak maksimal.

Aki motor harus memiliki voltase yang baika, yaitu diatas 12 volt. Apabila motor memiliki voltase kurang dari 12 volt, maka akan percuma dan bisa menyebabkan sein motor mati sebelah. Oleh sebab itu, kamu harus memastikan bahwa tegangan aki pada motor telah maksimal.

4 dari 5 halaman

Infografis Merokok Sambil Berkendara Didenda Rp 750 Ribu

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: