Sukses

Ini Selisih Harga Renault Triber AMT dengan Tipe Manual

Liputan6.com, Jakarta - Akhirnya Renault Triber bertransmisi otomatis AMT (Automated Manual Transmission) resmi diluncurkan. Bukan di Indonesia, melainkan di India.

Eksis di tiga tingkatan trim – RXL, RXT, dan RXZ – membawa tambahan nama Easy-R. Ia dibanderol 40 ribu Rupee (Rp 7,8 jutaan) lebih mahal ketimbang model manual tanpa perbedaan dari segi fitur.

Varian Renault Triber transmisi AMT tidak ada pembeda dari sektor pemacu daya pula. Girboks otomatis ini bertugas sebagai penyalur tenaga unit tiga silinder 1.000 cc yang menghasilkan output tenaga 72 PS dan torsi 96 Nm.

Model otomatisasi transmisi manual pertama kali dipamerkan pada gelaran India Auto Expo Februari lalu. Seharusnya bisa rilis lebih cepat jika tidak terjadi pandemi dan karantina wilayah.

Dengan datangnya versi AMT, calon konsumen Triber di India memiliki total tujuh opsi untuk dipertimbangkan. Tipe terendah RXE tidak ada versi AMT, sementara tiga trim di atasnya masing-masing memiliki pilihan manual lima percepatan atau AMT.

Kendati begitu, seperti disebut di awal, letak diferensiasi sebatas sistem transmisi saja. Mungkin ditujukan agar selisih harga tidak terpaut jauh.

Pun tampaknya tidak begitu perlu penambahan fitur. Triber boleh dibilang sudah sangat komplet untuk sebuah MPV kelas bulu, apalagi pada varian tertinggi RXZ. Ambil contoh pendinginan kabin, tersedia sampai baris ketiga.

Ditambah lagi ruang penyimpanan berpendingin di konsol tengah. Hiburan disajikan melalui sistem infotainment layar sentuh MediaNAV Evolution berukuran 8 inci. Di dalamnya terdapat fungsi navigasi berikut konektivitas smartphone Android Auto dan Apple CarPlay.

2 dari 2 halaman

Fitur-Fitur

Fitur berkelas lain tersemat dalam kabin, membuatnya melampaui kata moderat. Panel instrumen LED menyuguhkan penampilan berbeda. Lalu, ia juga menawarkan kemudahan akses dan pengoperasian lewat smart access card serta push start/stop button.

Sama halnya bila berbicara soal safety features. Total empat kantung udara siap mengembang untuk melindungi tubuh penumpang depan dari kerasnya hantaman.

MPV mungil Renault ini menawarkan diri sebagai salah satu MPV yang terjangkau namun tetap akomodatif. Berbagai konfigurasi tempat duduk dapat disesuaikan kebutuhan, mau itu untuk memaksimalkan pengangkutan barang atau penumpang.

Pasalnya, jok Easy Fix baris ketiga mudah untuk dibongkar sepenuhnya untuk memberikan volume kompartemen sampai 625 liter.

Kalau bicara soal Rival, Triber tidak memiliki pesaing langsung. Saat ini ia dibanderol di rentang 499 ribu – 722 ribu Rupee atau setara Rp 97,8 – 141,5 jutaan. Datsun Go+ menjadi kontestan yang lebih ramah bujet.

Sementara itu, dari segi penetapan harga, ia berada di jangkauan Maruti Swift, Hyundai Grand i10 dan Ford Figo, dengan keunggulan ruang bagasi ekstra luas dalam konfigurasi lima penumpang.

Sumber: Oto.com