Sukses

Ini Penampakan Generasi Ketiga Hyundai i20

Hyundai dikabarkan tengah menguji generasi ketiga dari i20. Belakangan, wujudnya semakin jelas terlihat karena saat pengujian di jalan raya tidak mengenakan kamuflase seperti biasanya.

Liputan6.com, Jakarta - Hyundai dikabarkan tengah menguji generasi ketiga dari i20. Belakangan, wujudnya semakin jelas terlihat karena saat pengujian di jalan raya tidak mengenakan kamuflase seperti biasanya.

Memberikan gambaran seperti apa rancangan revolusionernya di kondisi nyata. Pun spesifikasi di Eropa telah beredar, menyajikan informasi fitur dan mesin yang digendong.

Bahasa desain diberi tajuk Sensuous Sportiness. Empat elemen fundamental dipadukan: proporsi, arsitektur, styling, dan teknologi. Dibanding pendahulu, proporsi dibuat kian dinamis sekaligus kompak guna memberikan kepraktisan komutasi di area perkotaan.

Kuda-kuda dibuat merendah dan lebar. Atapnya turun 24 mm sementara lebar bertambah 30 mm serta panjang ekstra 5 mm. Wheelbase juga memanjang 10 mm serta disudahi sepatu alloy anyar berukuran 17 inci.

Karakter modis didapat melalui rancangan serbatajam. Mata tampak memicing intimidatif, berisi pendar LED sebagai penerangan utama, diikuti DRL menekankan ketajaman desain lampu. Komposisi wajah pun kian dinamis berkat rupa grille heksagonal anyar bersudut tajam. Apron terlihat sporty dengan lip spoiler berikut bingkai foglamp segitiga.

Di samping, eksekusi garis dibikin tegas untuk menciptakan proporsi memanjang. Pahatan garis bahu tergolong unik, memadukan tiga sudut dan kemudian terpisah di buritan.

Geser pandangan ke bokong, lampu diciptakan menjadi satu bagian dari tiap sisi. Berkat eksekusi ini, kuda-kuda lebar i20 semakin terasa kuat. Di bawahnya, diffuser mengimbangi nuansa sporty pada paras.

Masuk kabin, layar digital menjadi permainan utama. Dua monitor 10,25 inci mendominasi dasbor, satu sebagai panel instrumen, satu lagi merupakan sistem infotainment.

Canggih bak mobil premium, Apple CarPlay dan Android Auto dapat terhubung secara nirkabel. Tak hanya itu, fitur nirkabel dapat dinikmati jika ingin mengisi ulang baterai gawai. Wireless Charging Pad tersedia di konsol tengah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Performa

Pemanja kabin tidak kalah royal. Untuk kali pertama, Hyundai di Eropa membekali perangkat audio dari Bose sebagai opsi tambahan.

Total delapan speaker termasuk subwoofer ditempatkan secara strategis agar menyuguhkan kualitas suara terbaik. Komposisi fitur ini diekspektasikan hadir untuk i20 versi India, dan mungkin juga Indonesia bila suatu saat nanti ia masuk Tanah Air.

Untuk pemacu daya, versi Eropa memiliki dua mesin dan tiga opsi transmisi. Varian tertinggi menggendong unit 1.0 T-GDi dengan output 100 PS atau 120 PS. Sistem mild hybrid 48 volt dapat dipilih sebagai opsi pada 100 PS atau menjadi kelengkapan standar di model 120 PS.

Khusus varian hybrid, mesin dikawinkan transmisi DCT tujuh percepatan atau girboks Intelligent Manual Transmission (iMT). iMT dapat melepas putaran mesin dan transmisi setelah pengemudi melepas akselerator. Tujuannya agar dapat coasting lantas menghemat bensin.

Tanpa sistem hybrid, unit 1.000 cc turbo ini memadukan transmisi 7DCT atau manual enam percepatan. Di samping pemacu seliter turbo, terdapat opsi 1.200 cc MPi 4 silinder sebagai mesin entry level. Angka keluaran tenaga mencapai 84 PS, tersalur ke roda depan lewat transmisi manual lima percepatan.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.