Sukses

Tiga Tips Aman Berkendara dengan Citycar

Liputan6.com, Jakarta - Pabrikan mobil menawarkan beragam jenis mobil sesuai dengan fungsinya. Salah satunya adalah citycar yang dirancang untuk penggunaan di perkotaan.

Meskipun praktis, tetap saja ada teknik mengemudi yang harus dikuasi agar performa city car saat melaju bisa optimal. Apalagi mobil kota ini dirancang modern dan dilengkapi berbagai fitur canggih.

Dikutip dari Hyundai Indonesia, ada tiga tips mengemudi yang bisa diterapkan agar kamu bisa lancar mengemudikan citycar. Pertama, jangan terlalu memikirkan tenaga mesin saat mengemudikan citycar. Mobil ini didesain untuk pemakaian di dalam kota dan mengutamakan efisiensi bahan bakar.

Karakter citycar lebih gesit, lincah, dan enak diajak untuk manuver. Ketika memasuki jalan bebas hambatan, jangan mengharapkan tenaga berlebih. Cukup mengemudi dengan kecepatan normal dan putaran mesin yang stabil. Selain lebih irit bahan bakar, juga menjaga keamanan dan keselamatan berkendara.

Kedua, hindari bermanuver secara ekstrem dengan citycar. Hal ini disebabkan oleh dimensi yang kecil dan pelek yang berukuran mungil. Pelek berdiameter kecil ini konstruksinya kurang kokoh dan membuat mobil gampang limbung.

Ketiga, posisi duduk harus nyaman dan bisa menjangkau segala fitur di dashboard agar tak mengalihkan pandangan dari jalan. Posisi duduk dalam citycar juga bisa menentukan sudut pandang dan sebisa mungkin memperkecil blind spot saat berbelok.

Sumber: Dream.co.id

2 dari 2 halaman

Citycar Idola pada Masa Milenium, Ini Daftarnya

Saat ini, pasar mobil perkotaan alias citycar memang terus tergerus mobil keluarga (MPV). Namun, mobil yang dirancang untuk di dalam kota ini pernah mengecap manisnya pasar otomotif Tanah Air.

Ya, sejak akhir era 1990-an, dan memasuki tahun milenial, banyak bermunculan citycar yang bahkan hingga saat ini tetap jadi idola pecinta otomotif Tanah Air.

Bahkan, beberapa citycar yang muncul di era 2000-an, layak disebut sebagai mobil legendaris.

Berikut, citycar yang cukup populer di era 2000-an, berikut deretannya:

1) Suzuki Karimun

Berbicara perkembangan citycar di Indonesia, mustahil jika tidak berbicara Suzuki Karimun. Mobil yang diambil dari nama salah pulau di Indonesia pertama muncul pada 9 September 1999.

Namun, mobil dari pabrikan berlambang huruf 'S' ini mendapatkan masa kejayaannya memasuki era 2000-an. Mobil ini, diproduksi di Indonesia dengan menggunakan mesin F10A berkapasitas 1.000cc empat silinder.

Mencari citycar tersebut di pasar mobil bekas, Suzuki Karimun masih memiliki harga yang cukup baik, bahkan ada yang menyentuh Rp 70 juta ke atas.  

Baca selengkapnya di sini.