Sukses

Citycar Idola pada Masa Milenium, Ini Daftarnya

Beberapa citycar yang muncul di era 2000-an, layak disebut sebagai mobil legendaris.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, pasar mobil perkotaan alias citycar memang terus tergerus mobil keluarga (MPV). Namun, mobil yang dirancang untuk di dalam kota ini pernah mengecap manisnya pasar otomotif Tanah Air.

Ya, sejak akhir era 1990-an, dan memasuki tahun milenial, banyak bermunculan citycar yang bahkan hingga saat ini tetap jadi idola pecinta otomotif Tanah Air.

Bahkan, beberapa citycar yang muncul di era 2000-an, layak disebut sebagai mobil legendaris.

Berikut, citycar yang cukup populer di era 2000-an, berikut deretannya:

1) Suzuki Karimun

Berbicara perkembangan citycar di Indonesia, mustahil jika tidak berbicara Suzuki Karimun. Mobil yang diambil dari nama salah pulau di Indonesia pertama muncul pada 9 September 1999.

Namun, mobil dari pabrikan berlambang huruf 'S' ini mendapatkan masa kejayaannya memasuki era 2000-an. Mobil ini, diproduksi di Indonesia dengan menggunakan mesin F10A berkapasitas 1.000cc empat silinder.

Mencari citycar tersebut di pasar mobil bekas, Suzuki Karimun masih memiliki harga yang cukup baik, bahkan ada yang menyentuh Rp 70 juta ke atas.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

2) Daihatsu Ceria

Daihatsu Ceria hadir di Indonesia setelah merasakan sukses di Malaysia. Mobil asal pabrikan Jepang ini, resmi mengekspansi Tanah Air pada 2001.

Seperti halnya citycar lain, Daihatsu Ceria hadir dengan tampilan yang cukup stylish dan elegan pada masa itu. Dengan ukuran tubuh yang mungil, mobil ini mendapatkan julukan sebagai mobil kutu.

Daihatsu Ceria memiliki konsumsi bahan bakar yang sangat irit, karena hanya bermodalkan mesin berkapasitas 850 cc.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

3) Hyundai Atoz

Untuk urusan citycar, selain pabrikan Jepang, pabrikan Korea Selatan seperti Hyundai juga memiliki line-up yang cukup populer. Mobil tersebut adalah Hyundai Atoz yang diperkenalkan pada 2007.

Meskipun termasuk citycar yang legendaris, mobil ini memang tidak cukup sukses di Indonesia. Mobil ini hanya terjual 331 unit pada 2007, 168 unit pada 2008, dan hanya satu unit pada 2009.

Hyundai Atoz generasi kedua diluncurkan pada 2004, dan dipersenjatai dengan mesin G4HG berkapasitas 1.086 cc.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

4) Kia Visto

Menemani Hyundai Atoz, Kia juga menghadirkan Visto. Sejatinya, mobil ini merupakan kembaran dari Hyundai Atoz, karena kedua pabrikan ini masih satu negara, yaitu Korea Selatan.

Kia Visto hadir pada 2.000-an, dan dilengkapi mesin berkapasitas 1.000cc dengan konfigurasi empat silinder segaris, dengan tenaga 55 Tk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.