Sukses

Harga Mazda CX-5 2014 Semakin Terjangkau, Layak Dibeli?

Bagi Anda yang sedang mencari SUV mewah dengan fitur lengkap, Anda bisa coba melirik Mazda CX-5 bekas. Sejak pertama kali meluncur 2012 silam, CX-5 memberikan pilihan di kelas SUV medium baru. Sehingga pilihannya tidak hanya Honda CR-V atau Nissan X-Trail.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang sedang mencari SUV mewah dengan fitur lengkap, Anda bisa coba melirik Mazda CX-5 bekas. Sejak pertama kali meluncur 2012 silam, CX-5 memberikan pilihan di kelas SUV medium baru. Sehingga pilihannya tidak hanya Honda CR-V atau Nissan X-Trail.

Kondisi gres SUV sekelas ini makin mahal. Saat pertama diluncurkan, harga Mazda CX-5 2013 masih tergolong terjangkau. Berada di kisaran Rp 378 juta sampai Rp 431 juta. Tapi sekarang, sudah tembus Rp 500 jutaan. Makanya tak jarang CX-5 jadi incaran di pasar mobil bekas. Banderolnya sekitaran Low MPV baru. Namun secara kualitas, jelas tak sebanding.

Agar lebih mengerucutkan pembahasan, kami pilih Mazda CX-5 lansiran 2014. Usia 5 tahun masih tergolong segar untuk ukuran mobil Jepang. Bila bisa mendapat odometer rendah, rekam servis komplet dan pemilik awal yang apik, sebuah nilai plus sekali. Harga di laman mobil bekas bervariasi, mulai dari Rp 215 jutaan sampai Rp 250 jutaan. Pastinya sesuai kondisi yang ditawarkan.

Mazda CX-5 tahun segini paling tepat dipilih, karena sudah diperkuat mesin Skyactiv-G 2,5-liter. Mesin berkubikasi lebih besar didatangkan pada 2013, agar berimbang melawan X-Trail dan CR-V yang punya dua pilihan mesin. Karena saat awal dijual pada 2012, CX-5 yang dijual hanya berspesifikasi mesin 2,0-liter.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pertimbangan Mazda

Pertimbangan Mazda memasukkan mesin besar, tentu melihat keunikan pasar Indonesia. Jika ada dua pilihan kapasitas mesin menjadi opsi, pasti yang lebih besarlah paling laku. Pada akhirnya pun, Mazda memutuskan menjual tipe 2.5L saja dan memensiunkan mesin 2.0L. Toh, mesin cc besar zaman sekarang tidak harus berbanding terbalik dengan konsumsi bahan bakar. Tarikan enak sebab rasio power-to-weight makin besar, sehingga mobil menggelinding lebih mudah. Ditambah lagi teknologi sakti Skyactiv yang punya racikan hebat dalam mengirit pemakaian bensin.

Kami sarankan pilih tipe Grand Touring. Selain varian tertinggi dengan fitur paling lengkap, tampilannya pun lebih keren. Kondisi standar sudah dipercantik pelek 19-inci, tidak seperti tipe Touring dan Sport yang masih 17-inci. Trim Grand Touring dan Touring sudah menggendong mesin 2.5L. Sedangkan varian Sport masih 2.0L. Daya dihasilkan sangat mencukupi untuk pemakaian dalam maupun luar kota. Tenaganya 184 Tk dengan torsi maksimum 250 Nm.

Perubahan penting bukan dari mesin saja. Seluruh varian Mazda CX-5 facelift ini, sudah mengadopsi teknologi i-Stop atau idling stop system. Awalnya diperkenalkan Mazda6 untuk menghemat bahan bakar saat kondisi stop and go. Namun tanpa i-ELOOP atau sistem brake energy regeneration. Energi yang dibutuhkan untuk mengaktifkan i-Stop langsung dari aki. Sebab itu, peranti ini perlu perhatian khusus bagi Anda yang sedang mengincar CX-5 2014. Harganya pun mahal. Siap-siap dana lebih jika saatnya sudah harus ganti.

Fitur keselamatan CX-5 Grand Touring sudah paling lengkap. Terinstal i-ACTIVESENSE yang aktif mencegah terjadinya kecelakaan. Termasuk di dalamnya ada Lane Departure Warning System (LDWS) yang memberi peringatan jika pengemudi keluar dari marka jalan. Dan Adaptive Front-light System (AFS), sorot headlamp yang mengikuti arah putaran kemudi.

 

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Sejauh ini belum terdengar masalah serius dalam hal teknis. Kualitas keseluruhan membuktikan daya tahan yang juga baik. Penggantian slow moving part wajar terjadi, mengingat usia yang sudah 5 tahun. Harga onderdil memang tergolong mahal dibanding merek Jepang lain, tapi terjamin keasliannya. Pendingin udara (AC) juga perlu diperhatikan. Beberapa kasus ditemui, kompresor AC sudah menyerah lebih dulu. Kalau belum bermasalah saat dipegang pemilik sebelumnya, siap-siap saja keluar biaya besar.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.