Sukses

Terkadang Vespa Lebih Keren Sebagai Motor Chopper Ketimbang Skuter

Dunia kustom motor tak mengenal batas kreasi. Contohnya bisa dilihat di Kustomfest 2019 saat Vespa tak lagi berwujud skuter.

Liputan6.com, Yogyakarta Dunia kustom motor tak mengenal batas kreasi. Contohnya bisa dilihat di Kustomfest 2019 saat Vespa tak lagi berwujud skuter.

Ya, ada satu sosok yang sangat tidak disangka-sangka. Ada sebuah motor bergaya chopper yang ternyata aslinya adalah Vespa 2-tak berkapasitas 155 cc.

Dari deretan peserta di kelas chopper, barangkali inilah satu-satunya Vespa yang dibikin konsep chopper pada gelaran Kustomfest 2019 di Jogja Expo Center, Yogyakarta.

Digarap apik oleh Manurung Custom, Tangerang Selatan, sosok chopper ini sama sekali tidak menyisakan bentuk Vespa original.

Mulai dari rangka, tangki, kaki-kaki, ban hingga lampu utama dan belakang telah bertransformasi menjadi chopper ceking.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Semua Berubah

Untuk tipe transmisi. Manurung Custom menggunakan tipe transfer gear dengan primary kit (clutch system) SSS clutch centrifugal.

Sistem suspensi rigid dan springer dipadukan dengan pemasangan pelek klasik stainless alloy R12 dan 18. Pelek tersebut dibungkus ban Swallow klasik ukuran 3.00 - 21 dan 4.00 - 18. Di roda terpasang perangkat penghenti laju, disc caliper Brembo mini.

Suara garing tersembur dari pipa pembuangan free flow berbahan stainless steel karya sang builder.

Elektrikal sudah mengadopsi atau custom DC YZM, dengan lampu utama trapesium dan lampu belakang atau stop lamp power stack on off, dan mid control stainless bolt dan sebagainya. Sementara CDI menggunakan kreasi YZM Garage yang bersanding dengan coil ignition yang juga milik YZM Garage.

 

3 dari 3 halaman

Tanah Bertuah

Ubahan lain yang menjadikan motor ini tidak lagi terlihat sebagai skuter Italia adalah model jok tipis belapis MBTech.

Sang builder memberi warna biru metalik di seluruh bodi. Entah nama julukan Vespa chopper ini atau tidak, pada tangki tecetak kuning tulisan "Tanah Bertuah'. Boleh jadi dimaksudkan bahwa Vespa ini menjadi lebih bertuah setelah berubah wujud.

Sektor itu pulalah sebagai detail akhir pemanis lewat cat Duco. Artistik motif pengecatan diberikan pada KYT painting. Untuk painting artist ini dipilih Danagloss.

Jika mampir ke Kustomfest, siap-siap tertipu mata oleh Vespa custom satu ini.

Penulis: Nazar Ray

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.