Sukses

Pilih Tas Touring yang Tidak Mengganggu Gerakan Badan saat Berkendara

Bagi yang gemar melakukan perjalanan jarak jauh atau touring menggunakan sepeda motor, memang sangat diwajibkan untuk membawa tas touring

Liputan6.com, Jakarta - Bagi yang gemar melakukan perjalanan jarak jauh atau touring menggunakan sepeda motor, memang sangat diwajibkan untuk membawa tas touring. Aksesoris ini, sangat berguna untuk menyimpan peralatan dan keperluan selama perjalanan.

Dijelaskan Budi Kurniawan, Chief Executive Officer (CEO) GForce Republik, distributor resmi tas touring Enduristan di Indonesia, ada beberapa hal yang harus diperhatikan para bikers saat memilih tas touring.

"Tas touring ini, bukan masalah yang diletakan di depan, belakang, atau samping. Paling penting, aksesoris ini tidak menggangu berkendara, itu paling aman," jelas Budi saat berbincang dengan Liputan6.com, di bilangan Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Lanjutnya, jika sampai tas touring yang digunakan para bikers ini mengganggu aerodinamika dan manuver saat berkendara, itu sangat tidak direkomendasikan untuk dibeli dan digunakan.

"Tas touring itu kan banyak pilihan dan ukurannya, dan selama tidak menggengu penglihatan dan pergerakan saat berkendara, itu bisa dipakai," tegasnya.

Sementara itu bagi seorang bikers, selain tas touring, kompartemen penyimpanan barang juga bisa digunakan. Namun, box motor ada kelebihan dan kekurangan juga ketimbang tas touring.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jenis tas touring

Tas motor sendiri, terdiri dari berbagai macam, seperti tank bag merupakan tas yang ditempelkan pada tangki dan didesain untuk pengguna motor sport. Kemudian, ada tail bag yang terletak di atas jok belakang, dan side bag di samping bodi motor.

Harga tas motor terbilang lebih murah ketimbang box. Selain itu, pemasangannya cukup mudah tanpa harus membeli part tambahan lain.

Tank bag biasanya dilengkapi dengan magnet sehingga bisa melekat pada tangki depan motor sport. Sedangkan tail bag dan side bag memiliki sistem pengikat khusus sehingga tidak akan mudah terjatuh di perjalanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.