Sukses

Lampu Utama Mobil Redup, Periksa 6 Bagian Ini

Liputan6.com, Jakarta - Lampu mobil menjadi salah satu komponen yang penting bagi pengemudi. Terlebih, ketika berkendara di malam hari, tanpa lampu penerangan pastinya akan berbahaya sekali, baik untuk diri sendiri maupun pengemudi lainnya.

Tidak hanya saat lampu mati, ketika kurang terang, pastinya juga akan berpengaruh terhadap faktor keselamatan berkendara.

Nah, bagi pemilik mobil yang memiliki masalah lampu kurang terang ini, seperti dilansir laman resmi Auto2000, berikut lima penyebabnya:

1) Relay lampu rusak

Fungsi relay adalah sebagai jembatan bagi arus listrik utama dari baterai langsung masuk ke lampu. Di dalam relay, ada dua rangkaian, yakni rangkaian arus kecil yang masuk ke saklar lampu dan rangkaian arus utama yang masuk ke lampu. Saat saklar dinyalakan, maka rangkaian utama pada relay akan terhubung sehingga lampu bisa menyala.

Masalah yang sering terjadi, adalah karena kontak di dalam relay itu tidak kencang atau longgar, saat kontak didalam relay renggang maka arus listrik yang sampai ke lampu itu menjadi lebih sedikit sehingga sinar lampu menjadi redup.

2) Soket lampu karatan

Karat ternyata bisa bertindak sebagai hambatan. Pada lampu, karat yang sering ada pada soket bisa menyebabkan penurunan tegangan yang masuk ke lampu. Akibatnya, sinar lampu kurang maksimal.

2 dari 3 halaman

3) Soket Lampu Meleleh

Lelehan di area soket lampu juga berpotensi menyebabkan lampu mobil redup karena lelehan ini bertindak sebagai hambatan listrik. Soket lampu yang meleleh, bisa diawali dari soket yang kurang klop atau kurang masuk ke dalam terminal lampu. Hal ini menyebabkan adanya loncatan elektron dari dua konduktor yang memiliki gap. Loncatan elektron ini meninggalkan panas yang bisa melelehkan area sekitar terminal lampu yang umumnya berbahan plastik.

4) Aki lemah

Sudah menjadi hal yang lumrah kalau aki lemah berarti tegangan didalam aki juga lemah. Artinya bukan hanya lampu tapi kelistrikan lain juga menjadi kurang maksimal. Contoh proses starting yang berat dan klakson yang suaranya lemah.

Masalah ini, umumnya terjadi saat kondisi mesin mobil dalam kondisi mati. Namun kalau mesin berhasil dihidupkan ada altenator yang sanggup menyuplai semua kebutuhan arus listrik.

 

 

 

 

 

3 dari 3 halaman

5) Mika Lampu Kusam

Kaca lampu atau mika lampu biasanya memiliki kondisi yang sangat bening ketika mobil baru berumur tiga tahun.

Namun kalau sudah lewat tiga tahun, maka kondisi mika akan menjadi lebih kusam. Hasilnya, sinar yang dihasilkan lampu didalam head lamp tidak mampu terpancar keluar dengan sempurna karena kotoran yang menyelimuti mika lampu tidak bisa ditembus cahaya.

6) Bohlam Lampu Rusak

Terakhir, masalah lampu mobil kurang terang juga bisa disebabkan karena kualitas bohlam lampu itu sendiri. Ada beberapa jenis lampu yang digunakan pada mobil, antara lain bohlam halogen dan lampu LED.

Untuk yang halogen, menggunakan kawat tipis bernama filamen yang apabila dialiri arus listrik maka akan membara. Gas halogen, dimasukkan ke bohlam agar bara pada filamen menjadi lebih terang. Kalau kondisi filamen gosong, atau gas halogen pada bohlam bocor maka lampu bisa menjadi redup.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Pakai Busi Racing untuk Mobil Harian, Amankah?
Artikel Selanjutnya
Kaca Mobil Baret Gara-Gara Wiper, Begini Cara Mengatasinya