Sukses

Motor Listrik Gesits Vs Viar Q1, Pilih yang Mana?

Liputan6.com, Jakarta - Motor listrik Gesits telah resmi diperkenalkan di Indonesia International Motor Show 2019, Jakarta. Saat ini Gesits ditawarkan dengan status off the road seharga Rp24,95 juta untuk versi single battery, sedangkan untuk dual battery konsumen menambah biaya Rp4 jutaan.

Di Indonesia sendiri belum banyak pemain motor listrik di kelas ini, salah satu motor listrik yang dijual dengan status on the road adalah Viar Q1. Harga on the road Jakarta Viar Q1 adalah Rp18 juta. Memang harganya terpaut jauh, namun tak banyak pilihan konsumen untuk motor listrik yang dilengkapi surat-surat.  

Jika sebelumnya Liputan6.com membandingkan Gesits dengan Gogoro 2 asal Taiwan, kali ini Liputan6.com akan membandingkannya dengan sesama motor listrik yang dijual di Indonesia, yaitu Viar Q1.
 

Performa

Viar Q1 mengadopsi motor elektrik Bosch berjenis hub yang bersemayam di roda belakang. Motor elektrik tersebut menghasilkan tenaga 800 watt. 

Gesits mengadopsi permanent magnet synchronous motor 2kW rate, 5 kW peak @ 3.600 rpm dengan torsi puncak 30 Nm @ 0-2.125 rpm.

Kecepatan puncak Viar Q1 mencapai 60 km per jam, sedangkan Gesits 70 km per jam. Tak ada data performa akselerasi 0-50 kpj untuk Q1. Namun, Gesits mengklaim membutuhkan waktu 5 detik. Masalah bobot, Viar Q1 memiliki bobot 78,5 kg, Gesits memiliki bobot 94,5 kg.

Keduanya menggunakan sistem pengereman cakram untuk roda depan maupun roda belakang, sehingga sudah lebih dari cukup untuk menghentikan laju kendaraan.

 

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

Jarak Tempuh

Viar Q1 diklaim dapat menempuh jarak hingga 60 km. Sedangkan Gesits bisa menempuh jarak hingga 50 km per baterai, jika menggunakan dual battery maka jarak tempuhnya mencapai 100 km. Untuk jaringan swap baterai Gesits sudah termasuk dalam perencanaan. Lama pengisian baterai Q1 membutuhkan waktu 5 - 7 jam. Gesits membutuhkan waktu 3-4 jam.

User Interface

Motor listrik Gesits mengadopsi instrumen panel yang bisa tersambung ke aplikasi smartphone nantinya. Salah satu fitur yang akan ada adalah memperlihatkan navigasi di instrumen panel. Sementara itu Viar Q1 tidak memiliki konektivitas dengan smartphone, namun, user interface-nya sudah cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Masa Garansi

Masa garansi yang ditawarkan oleh masing-masing APM bisa memberikan rasa peace of mind, terutama bagi konsumen awam yang berada di masa transisi dengan teknologi baru. Viar Q1 menawarkan garansi selama 1 tahun yang meliputi komponen elektronik seperti motor elektrik, baterai, dan controller. Sementara itu, Gesits menawarkan garansi selama 3 tahun yang meliputi unit dan baterai.

Simpulan

Kedua motor listrik ini sebenarnya tak bisa dikomparasi secara langsung. Keduanya memang sama-sama berbentuk skutik, namun keduanya memiliki karakter yang berbeda.

Dari sisi tenaga saja sudah terpaut jauh, Q1 bertenaga 800 watt, Gesits bertenaga 2.000 watt yang bisa mencapai 5.000 watt jika dibutuhkan. Perbedaan tersebut akan terasa saat Anda hendak berkendara secara agresif, atau jika berboncengan. 

Lalu dari sisi harga, Q1 dibanderol Rp18 juta on the road Jakarta, sedangkan Gesits Rp24,95 juta off the road. Memang Gesits dibanderol lebih mahal, namun dari segi spesifikasi memang di atas Q1. Selain itu, Gesits memiliki rencana untuk menerapkan jaringan battery swap di masa mendatang, meski belum diketahui kapan pastinya.

Mana yang lebih baik? Tentu disesuaikan dengan kebutuhan dan dana yang tersedia. Yang pasti, keduanya membutuhkan apresiasi dan dukungan dari konsumen agar motor listrik dapat berkembang dan diterima oleh masyarakat Indonesia.

3 dari 4 halaman

Saksikan Video Viar Q1 di Bawah Ini:

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Gesits di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Membandingkan Motor Listrik Gesits dengan Gogoro 2 asal Taiwan
Artikel Selanjutnya
Motor Listrik Gesits Aman Menerjang Banjir, tapi...