Sukses

Membandingkan Motor Listrik Gesits dengan Gogoro 2 asal Taiwan

Liputan6.com, Jakarta - Motor listrik Gesits telah resmi diperkenalkan di Indonesia International Motor Show 2019, Jakarta. Saat ini Gesits ditawarkan dengan status off the road seharga Rp24,95 juta untuk versi single battery, sedangkan untuk dual battery konsumen menambah biaya Rp4 jutaan.

Di Indonesia sendiri belum banyak pemain motor listrik di kelas ini, salah satu motor listrik yang dijual dengan status on the road adalah Viar Q1. Berdasarkan informasi dari marketing Viar, harga on the road Jakarta Viar Q1 adalah Rp18 juta. Memang harganya terpaut jauh, namun keduanya berada di kelas yang berbeda.

Lantas siapakah lawan dari Gesits? Gogoro 2 asal Taiwan bisa menjadi lawan yang tepat untuk Gesits. Mengutip dari e-scooter.co, Gogoro 2 dibanderol $2.455 (Rp34,82 juta) tanpa subsidi. Sedangkan jika sudah disubsidi oleh pemerintah Taiwan, harganya menjadi $1.295 (Rp18,3 juta). Memang harganya terpaut 10 juta dari Gesits, namun bagaimana dengan spesifikasinya?

Performa

Gogoro 2 mengadopsi G2 Motor - Liquid cooled permanent magnet synchronous motor yang menghasilkan tenaga maksimal 6,4kW @ 3.000 rpm dengan torsi (motor/roda) 25/ 205 Nm @ 0-2.500 rpm.

Gesits permanent magnet synchronous motor 2kW rate, 5 kW peak @ 3.600 rpm dengan torsi puncak 30 Nm @ 0-2.125 rpm.

Kecepatan puncak Gogoro 2 90 km per jam, sedangkan Gesits 70 km per jam. Performa akselerasi 0-50 kpj hanya berbeda 0,7 detik. Gogoro 2 membutuhkan 4, 3 detik, sedangkan Gesits membutuhkan waktu 5 detik.

 

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

Jarak Tempuh

Gogoro 2 diklaim dapat mencapai jarak 150 km untuk satu kali swap baterai, dengan catatan kondisi berkendara ideal dan kecepatan konstan 30 km per jam. Sedangkan Gesits bisa menempuh jarak hingga 50 km per baterai, jika menggunakan dual battery maka jarak tempuhnya mencapai 100 km. Untuk jaringan swap baterai sudah termasuk dalam perencanaan.

User Interface

Motor listrik Gesits mengadopsi instrumen panel yang bisa tersambung ke aplikasi smartphone nantinya. Salah satu fitur yang akan ada adalah memperlihatkan navigasi di instrumen panel. Gogoro 2 dapat di-unlock menggunakan smartkey, smartphone, dan Apple watch. Sistem konektivitasnya melalui NFC dan Bluetooth.

 

 

3 dari 4 halaman

Simpulan

Dengan harga terpaut Rp10 juta, harga motor listrik Gesits bisa dibilang cukup kompetitif. Memang spesifikasi Gogoro 2 dan juga teknologi konektivitasnya di atas Gesits. Namun dari segi performa, performa Gesits tak tertinggal jauh. 

Saat ini tugas PT Gesits Technologies Indo (GTI) adalah mengedukasi konsumen tentang motor listrik, menyiapkan jaringan penjualan dan purna jual, serta menyediakan jaringan battery swap. Dengan adanya battery swap, konsumen tak perlu khawatir dengan masa baterai dan jarak tempuh motor listrik. Karena memang tak bisa dipungkiri, salah satu komponen yang cukup mahal adalah baterai.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
BRI Berikan Skema Khusus Pembiayaan Motor Listrik Bagi Pegawai PLN
Artikel Selanjutnya
Lewat Program Ini, PLN Ajak Masyarakat Beralih Pakai Motor Listrik