Sukses

Berminat Ganti Mobil, Pilih Mesin Bensin, Diesel, atau Hybrid?

Sellain merek, salah satu yang menjadi pertimbangan membeli mobil adalah jenis mesin yang digunakan. Di pasaran otomotif saat ini, selain mesin bensin dan diesel, juga ada hybrid. Nah, bisa jadi ini makin bikin bingung.

Liputan6.com, Jakarta - Sellain merek, salah satu yang menjadi pertimbangan membeli mobil adalah jenis mesin yang digunakan. Di pasaran otomotif saat ini, selain mesin bensin dan diesel, juga ada hybrid. Nah, bisa jadi ini makin bikin bingung.

Ada baiknya saat bingung begitu, coba pertimbangkan beberapa hal. Dilansir Zing, calon konsumen bisa mempertimbangkan dari sisi harga, konsumsi bahan bakar, kebiasaan berkendara, dan masa berlaku kendaraan.

Harga

Harga jelas harus menjadi prioritas, karena ini disesuaikan dengan berapa anggaran pembelian. Harga mobil pun disesuaikan dengan jenis bahan bakar yang digunakan.

Pada dasarnya semakin canggih atau semakin irit bahan bakar mesin mobil, semakin tinggi harga mobil. Harga mobil diesel akan lebih tinggi ketimbang bensin, meskipun memiliki fitur yang sama. Mobil hybrid bahkan lebih mahal dari keduanya.

Konsumsi Bahan Bakar

Perhatikan seberapa hemat mesin tersebut untuk soal kebutuhan bahan bakarnya. Pada umumnya, kendaraan diesel akan lebih hemat 30 persen ketimbang bensin. Sementara hybrid umumnya diklaim lebih ekonomis.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Kebiasaan Berkendara

Mobil bermesin diesel cocok untuk berkendara jarak jauh. Konsumsi bahan bakar diesel baik, emisi CO2 juga lebih rendah ketimbang hybrid saat dipakai mengemudi terus menerus.

Tapi jika mobil nantinya hanya akan dipakai perjalanan jarak pendek setiap hari, mobil hybrid lebih unggul. Bagimana mesin bensin? Mobil bermesin ini cocok untuk perkotaan.

Masa Pakai Kendaraan

Teknologi mobil semakin cepat berkembang. Tapi apakah teknologi itu masih cocok untuk beberapa tahun mendatang? Biasanya pertanyaan ini muncul dari calon konsumen hybrid, atau mungkin konsumen mobil listrik jika ada pilihan itu.

Jika begitu, coba pertimbangkan sekuat apa baterainya. Karena mobil jenis hybrid atau listrik bergantung pada baterai.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.