Sukses

Toyota Avanza Mengadopsi Lampu LED, Seberapa Awet?

Toyota Avanza 2019 memiliki wajah yang baru. Selain itu, LMPV sejuta umat ini sudah mengadopsi lampu berjenis LED. Sehingga pencahayaannya berbeda dibanding generasi sebelumnya. Dengan menggunakan lampu LED, berapa lama usia pakainya?

Liputan6.com, Jakarta Toyota Avanza 2019 memiliki wajah yang baru. Selain itu, LMPV sejuta umat ini sudah mengadopsi lampu berjenis LED. Sehingga pencahayaannya berbeda dibanding generasi sebelumnya. Dengan menggunakan lampu LED, berapa lama usia pakainya?

Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat, Sapta Agung Nugraha, memberi tanggapan. Ia mengatakan, sebenarnya secara durasi pemakaian tidak ada patokan pasti. Bahkan kecenderungan antara jenis lampu LED maupun halogen hampir sama.

“Jika dilihat secara lifetime kemungkinan antara LED dan lampu biasa (halogen) itu hampir sama. Sebab memang tidak ada ukuran yang pasti. Tapi dari segi kelebihan, lampu LED memiliki pemakaian daya listrik yang lebih rendah sehingga tidak seboros lampu biasa. Antara lampu konvensional dan LED, sebenarnya sama-sama memiliki lifetime yang tidak bisa diukur secara pasti. Tapi keduanya juga memiliki plus dan minus yang bisa dijadikan pertimbangan," ucap Sapta.

Ia pun menjelaskan lebih perinci. Untuk lampu konvensional atau halogen dengan cahaya kuning, penerangan saat kondisi normal, pancarannya tidak seterang LED. Tapi bisa diandalkan ketika berkendara dalam kondisi cuaca hujan lebat dan berkabut.

Sebaliknya, LED mampu memberikan cahaya yang optimal. Sehingga saat malam hari pengendara bisa mendapat pencahayaan yang lebih maksimal. Namun dalam kondisi hujan, cahaya yang dihasilkan kurang mampu menembus dan kadang justru menyilaukan. Apalagi saat mobil dipasang lampu LED aftermarket atau bukan bawaan pabrikan. Dengan pancaran cahaya putih yang terang dan rendah daya, lanjut Sapta, otomatis membuat visibilitas saat berkendara malam hari makin maksimal.

“Dua model lampu ini sama-sama punya kelebihan dan kekurangan. Untuk lampu LED, bila tidak sesuai standar pabrikan biasanya menjadi tidak fokus saat melewati cuaca berkabut. Sedangkan pada Avanza dan Veloz, masalah ini masih bisa ditangani dengan bantuan foglamp berwarna kuning,” akunya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Namun, ada anggapan bila penggunaan lampu LED cenderung kurang awet dibandingkan lampu konvensional. Soal banderol, jenis LED juga lebih mahal dari bohlam biasa. Benarkah itu? “Dari segi biaya, LED memang lebih besar karena tidak bisa dibeli satuan. Dan harus beli dalam satu rangkaian. Tapi kalau bicara dalam konteks kerusakan, itu jarang sekali terjadi. Lampu LED OEM dari Toyota punya kualitas yang sudah terstandardisasi,” tutupnya.

Jadi, konsumen tak perlu khawatir. Meski memiliki pencahayaan yang lebih kuat, penggunaan lampu LED ini diklaim lebih hemat daya listrik 50% dari jenis konvensional. Dampaknya, baterai atau aki mobil tak mudah terkuras.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.