Sukses

Jangan Sembarangan, Begini Tips Main Mobil Offroad Saat Weekend

Liputan6.com, Jakarta - Bagi penggemar mobil offroad, akhir pekan mungkin jadi yang paling ditunggu-tunggu. Menghabiskan waktu di lintasan, dan membejek gas mobil 4x4 seperti menjadi vitamin setelah sepekan bekerja, dan juga menyambut awal pekan.

Tapi ingat, sebelum Anda memutuskan untuk bermain offroad, ada beberapa persiapan yang wajib diperhatikan demi faktor keselamatan dan kepuasan dalam menikmati petualangan.

Biasanya, untuk bisa melibas lintasan offroad, semua mobil standar berpenggerak 4x4 sudah cukup bagi Anda yang memang ingin memacu adrenalin. Tetapi, selain mempersiapkan kendaraan, ada hal penting lain yang juga wajib diingat dan diperhatikan sebelum menaklukkan lintasan offroad yang akan dilewati.

Berikut, tips bermain offroad seperti dilansir laman resmi Suzuki Indonesia:

1) Butuh Skill Mengemudi di Lintasan Offroad

Selain mobil yang akan digunakan untuk offroad, pengalaman dan kemampuan mengemudi di lintasan offroad adalah hal yang mutlak supaya mampu melintasi trek offroad. Lintasan offroad menuntut pengemudi untuk bisa menguasai emosinya. Kenapa pengemudi harus bisa menguasai emosinya?

Karena kalau tidak bisa mengendalikan emosi, selain bisa memperlama waktu tempuh, kemungkinan munculnya kerusakan atau tidak lolos melintasi suatu rintangan akan menjadi lebih besar.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

2) Bahan Bakar Cadangan Juga Penting

Persiapan bahan bakar cadangan juga menjadi hal yang penting sebelum melakukan petualangan yang menantang menelusuri alam bebas menggunakan mobil offroad. Kenapa ini menjadi hal yang penting?

Karena di alam bebas, seperti di tengah hutan, tentu akan jauh dari peradaban dan sudah pasti tidak ada yang menjual bahan bakar. Karena itulah ketersediaan bensin cadangan sangat penting saat melakukan perjalanan offroad.

3) Belum Berpengalaman? Gabung ke Klub Offroad

Kalau memang Anda belum punya pengalaman dan baru pertama kali mencoba, sangat disarankan untuk bergabung dengan klub offroad atau menumpang dulu dengan kendaraan offroader lain yang sudah berpengalaman. Jangan melakuannya sendiri ke alam bebas, karena sangat berbahaya. Standar safety untuk offroad yang berlaku umum adalah minimal berdua atau akan lebih baik lagi jika bertiga.

Bergabung dengan klub akan menjadi pilihan terbaik karena bisa menambah ilmu sekaligus berbagi pengalaman. Terakhir yang tidak kalah penting, adalah jangan arogan dan selalu menjaga kelestarian lingkungan.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Begini Cara Merawat Bodi Motor Agar Tidak Cepat Kusam
Artikel Selanjutnya
Trik Mudah Mengusir Suara Berisik di Kabin Mobil