Sukses

Sudah Siap 100 Persen, Pembuat Motor Listrik Gesits: Kapan Launching?

Sepeda motor karya anak bangsa, Gesits, 100 persen siap diluncurkan tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Sepeda motor karya anak bangsa, Gesits, sudah 100 persen siap diluncurkan tahun ini. Diharapkan, sepeda motor rendah emisi karya Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) ini, di-launching oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara dalam waktu dekat.

Seperti dilansir melalui Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (RI), Gesits sudah melalui seluruh tahapan sebelum dilepas ke pasaran atau dijual.

Hal tersebut diketahui dari hasil Monitoring dan Evaluasi (Monev) Inovasi Perguruan Tinggi 2018, terhadap implementasi Teaching Industry sebagai persiapan produksi massal sepeda motor listrik Gesits. Kegiatan ini dihadiri oleh Kasubdit Industri Energi dan Transportasi, Wiwiek Joelijani, Reviewer Sa’bah Sapariaan, Kasubbag Layanan Informasi Dirjen Penguatan Inovasi, Juliardi dan staf Direktorat Inovasi Industri Ahmad.

Sementara dari ITS hadir dalam monev, adalah Direktur PUI SKO ITS, Muhammad Nur, dan sejumlah peneliti Motor Gesit seperti Indra Sidharta, Alief Wikarta dan beberapa teknisi.

Dijelaskan Muhammad Nur, semua tahapan mulai dari penelitian hingga uji coba menempuh perjalanan Jakarta sampai Bali.

"Semua sudah siap, tinggal kapan mau di-launching," jelas Muhammad Nur.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Untuk proses komersialisasi sepeda motor di pasaran, ITS juga sudah bekerja sama dengan Garansindo yang membentuk perusahaan PT Gesits Teknologi Indo (GTI). Selain itu, dalam melakukan produksinya juga menggandeng BUMN PT Wika Industri dan Konstruksi (Wikon).

Peneliti Gesits, Alief Wikarta , menyampaikan proyek ini melibatkan 20 mahasiswa dan 17 dosen. Implementasi Teaching Industry sebagai persiapan produksi massal sepeda motor Gesits juga sudah dilakukan. Tahapan awal mulai dari pendaftaran HAKI atas berbagai temuan dan inovasi komponen Gesits, publikasi ilmiah, internships, bahan kuliah dan praktikum mahasiswa, hingga manajemen pengelolaan IT.

Di Gedung Riset Mobil Listrik juga sudah dibangun Assembly Line PUI SKO yang digunakan untuk pembuatan sepeda motor. Ada delapan tahapan yang dilakukan mulai dari pembuatan kerangka, pemasangan motor dan komponen listrik lainnya hingga pemasangan bodi.

"Untuk teaching industry motor Gesits ini sangat cocok karena melibatkan banyak jurusan seperti teknik industri, teknik material, teknik mesin, dan lainnya serta beberapa mahasiswa jurusan dan kampus lain juga sangat terbuka," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.