Sukses

Mobil Listrik Tercepat Sejagat (Bagian 1)

Liputan6.com, Jakarta Beberapa tahun lalu, hampir semua pabrikan otomotif berlomba menawarkan mobil dengan akselerasi dan kecepatan tinggi. Pastinya, mobil tersebut menggunakan mesin bensin.

Kehadiran Tesla sebagai pelopor mobil listrik yang dijual masal justru dipandang sebelah mata, karena kendaraan listrik dianggap tak memiliki tenaga dan kecepatannya tergolong lambat.

 

Namun kini, hampir semua merek mobil bahkan perusahaan mobil baru berlomba menawarkan mobil listrik dan berkompetisi untuk menjadi yang tercepat, bahkan mendominasi mengalahkan mobil bermesin bensin.

Tahun ini, ada beberapa mobil listrik yang ternyata menjadi tercepat sejagat.  Seperti dilansir carsfellow.com, ada mobil listrik yang paling cepat, berikut daftarnya:

1.  Tesla Roadster

Mobil ini dianggap telah melampui perkiraan para penggemar mobil listrik Tesla. Pasalnya, mobil ini kini menjadi salah satu yang tercepat dan akselerasinya mengalahkan Venom F5, Bugatti Chiron, Agera RS dan supercar lainnya.

Mobil yang rencananya akan diproduksi mulai 2020 ini, dilengkapi tiga motor listrik dengan komposisi 1 motor di roda depan dan dua motor lainnya di roda belakang. Baterai mobil ini berdaya 200 kWh, dan mampu menempuh jarak hingga 1.000 kilometer. Hebatnya, akselerasi mobil ini dari 0-100 km/jam hanya memerlukan waktu 1,9 detik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Zombie 222

Zombie 222 bisa disebut salah satu mobil tercepat di dunia karena mampu berakselerasi dari 0 – 100 km/jam dalam waktu 1,79 detik, berkat daya yang dihasilkan 800 Tk dan 2.440 Nm torsi.

Mobil ini pada dasarnya sebuah bagian dari keluarga Ford Mustang kelahiran 1968, namun rumah modifikasi Blood Shed Motor, Austin, Texas, Amerika Serikat, merombaknya dan membenamkan motor listrik di dalamnya.

 

3 dari 5 halaman

3. Taychon Speed

Mobil listrik buatan Race Advanced Engineering Systems and Research (RAESR), California ini disebut telah dikembangkan sejak 2012.

Hebatnya, mobil ini dibuat dengan serat karbon sehingga sangat ringan dan cepat, berkat enam motor listrik direct-drive yang menghasilkan daya 1.250 Tk dan torsi 4.948 Nm.

Mobil ini dikliam dapat berakselerasi 0-100 km/jam hanya dalam waktu di bawah tiga detik dan mencapai top speed menyentuh angka 386 km/jam.

 

4 dari 5 halaman

4. Tesla Model S P100D

Mobil ini sempat muncul di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 lalu. Yang pasti, Tesla model S P100D masuk deretan mobil sedan tercepat, berkat kapasitas baterai 100 kWh hingga mampu melaju sejauh 539 km.

Tesla Model S P100D diklaim dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 2,5 detik.

 

5 dari 5 halaman

5. Lucid Air

Perusahaan mobil listrik, Lucid Motors memang baru memperkanalkan prototipe mobil listriknya, Lucid Air.

Menariknya, perusahaan tersebut memberikan kebebasan kepada konsumen dengan menawarkan pilihan baterai seperti yang berkapasitas 130 kWh dengan kemampuan menempuh jarak 643 km.

Hebatnya, mobil ini sempat dilakukan pengujian dan disebutkan memiliki mesin bertenaga hingga 1.000 Tk.

Mobil listrik ini diklaim dapat berlari dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 2,5 detik dan mampu berlari hingga 350 km/jam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.