Sukses

Kemudi Mobil Didesain Lingkaran, Apa Alasannya?

Penyematan kemudi berbentuk lingkaran atau roda sebenarnya memiliki sejarah tersendiri.

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkan Anda membayangkan mengapa lingkar kemudi berbentuk lingkaran, bukan kotak atau segitiga?

Penyematan kemudi berbentuk lingkaran atau roda sebenarnya memiliki sejarah tersendiri. Dilansir dari carfromjapan.com, Rabu (18/07/2018), pada awalnya kemudi mobil tidak berbentuk lingkaran namun tuas seperti pada transmisi.

Bentuk kemudi seperti ini cukup mudah digunakan hanya saja tidak memiliki keakuratan yang baik ketika mengarahkan roda. Hal tersebut membuat mobil dengan kemudi tuas sulit untuk diparkirkan. Sedangkan kemudi berbentuk lingkaran sangat ideal untuk urusan parkir.

Alasan lain mengapa kemudi berbentuk lingkaran yaitu memudahkan ketika memutar balik. Di mana arah ban dapat diatur sesuai keinginan secara presisi. Karena bentuknya yang melingkar, tenaga yang dibutuhkan untuk memutar kemudi juga menjadi rata. Hal itu akan berbeda jika kemudinya tidak berbentuk lingkaran.

[Kemudi ](kemudi "")berbentuk lingkaran juga cukup aman. Karena tidak ada sudutnya, risiko terbentur tangan ketika berputar sangat minim. Bayangkan jika bentuknya persegi empat, sudut-sudutnya yang tajam bisa saja melukai pengendara.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Namun begitu, saat ini tak semua kemudi kendaraan berbentuk lingkaran penuh. Beberapa pabrikan membuat kemudi dengan bagian bawahnya datar. Hal tersebut diadaptasi dari mobil balap yang memiliki ruang cukup sempit. Dengan adanya kemudi yang bagian bawahnya datar mengizinkan pengendara untuk keluar dari kendaraan tanpa harus tersangkut kemudi.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.