Sukses

Catat Sejarah, GM Punya 2 Eksekutif Wanita

Liputan6.com, Detroit - Banyak perempuan yang bekerja dan berkembang dalam industri global. Cukup banyak juga yang berada dalam deretan pejabatnya serta memiliki tanggung jawab yang besar.

Tak terkecuali di industri otomotif global, seperti di perusahaan mobil asal Amerika Serikat, General Motors.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, GM memiliki CEO (Chief Executive Office) dan CFO (Chief Financial Officer) wanita.

Dilansir dari businessinsider, Selasa (26/6/2018), CFO GM, Chuck Stevens, telah pensiun dan digantikan oleh Dhivya Suryadevara.

GM sekarang memiliki dua wanita yang menjalankan pertunjukan, dengan Suryadevara sebagai CFO dan Mary Barra sebagai CEO.

Dia mendapat pekerjaan di GM pada 2014. Di saat yang hampir bersamaan, Barra menjadi wanita pertama yang menjadi CEO General Motors.

Terpilihnya wanita berumur 39 tahun tersebut menjadi CFO GM adalah hal yang mencengangkan. Terlebih bila melihat Fiat Chrysler Automobiles yang jajaran atasnya dipegang oleh kaum Adam, seperti VW Group, Daimler (induk Mercedes-Benz), dan Toyota.

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Seperti pesaing GM, Ford, juga memiliki kesamaan dalam keseimbangan jender kepemimpinan eksekutif. Ada Marcy Klevorn yang bertugas mengawasi upaya mobilitas perusahaan.

Ada banyak wanita yang memiliki pekerjaan penting di perusahaan mobil, tetapi sulit meraih jabatan puncak.

Meski demikian, GM mematahkan pernyataan tersebut karena perusahaan mobil asal Amerika ini memiliki Marina von Neumann Whitman, putri seorang matematikawan legendaris, John von Neumann, pernah menjadi Presiden GM.

Itu sebabnya langkah GM sangat mengesankan.

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

Sementara itu, Barra bisa dibilang sebagai CEO terbaik yang pernah dimiliki perusahaan.

Dia juga berusaha keras menjaga GM melalui akuisisi Cruise dan dengan peluncuran Chevy Bolt all-electric jarak jauh.

Sedangkan, Suryadevara adalah Wakil Presiden GM untuk keuangan perusahaan yang bertugas mendukung Barra dalam investasi GM dan usaha merger serta akuisisi.

"Pengalaman dan kepemimpinan Dhivya dalam beberapa peran utama di seluruh posisi operasi keuangan kami dinilai mampu membangun hasil bisnis yang telah kami sampaikan selama beberapa tahun terakhir," kata Barra.

Loading
Artikel Selanjutnya
Kolaborasi Honda dan General Motors Lahirkan Baterai Mobil Listrik
Artikel Selanjutnya
Segera Meluncur, Begini Wujud Chevrolet Trax Generasi Baru?