Sukses

Lakukan 5 Hal Ini Jika Motor Ditinggal Mudik

Di musim mudik 2018, sampai dengan selamat di kampung halaman bukanlah satu-satunya yang harus Anda prioritaskan. Anda juga harus memastikan barang yang ditinggalkan di rumah aman. Sepeda motor salah satunya.

Liputan6.com, Jakarta - Di musim mudik 2018, sampai dengan selamat di kampung halaman bukanlah satu-satunya yang harus Anda prioritaskan. Anda juga harus memastikan barang yang ditinggalkan di rumah aman. Sepeda motor salah satunya.

Kendaraan roda dua ini tidak bisa dibiarkan teronggok begitu saja. Ada beberapa teknik agar motor tetap prima untuk digunaan saat Anda selesai mudik. Ingin tahu tipsnya?

1. Koordinasi Dengan Keamanan

Motor termasuk barang dengan kategori rawan pencurian. Lantaran itu, saat meninggalkannya di rumah, sebaiknya koordinasi dengan pihak keamanan setempat. Baik satpam, RT, RW dan Polsek setempat. Bahkan beberapa kantor polisi menyediakan jasa titip kendaraan, supaya lebih aman.

"Datang saja ke kantor polisi terdekat nanti tunjukkan identitas kendaraannya. Kalau itu sah, kami catat," ujar Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Reza Arief Dewanto seperti dikutip Liputan6.com.

Tetap kunci ganda motor Anda, meski sudah berkoordinasi dengan pihak keamanan. Jangan hanya mengandalkan kunci stang. Demi keamanan, tidak ada salahnya kita menambah gembok yang diikatkan ke roda atau rantai motor.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Simpan Di Tempat Teduh

Jangan biarkan motor berada di area terbuka. Kalau terpaksa, sebaiknya tutup dengan kover anti-air. Bila terpapar cahaya matahari dan hujan terus menerus, cat motor bisa cepat kusam serta memudar. Pastikan juga Anda meninggalkan motor dalam keadaan bersih dan kering. Hal ini untuk memastikan tidak ada korosi akibat air. Lebih baik lagi, bila motor disimpan dengan standar tengah. Hindari pula ban menyentuh lantai, agar tidak cepat kempis.

3. Isi Bensin Penuh atau kuras habis

Sebelum tinggalkan motor, Anda harus mengisi penuh bensin atau mengurasnya habis. Ini berguna mencegah karat di tangki yang berasal dari bensin menguap. Bila sampai terjadi korosi, banyak masalah bisa terjadi. Misal saja serbuk-serbuk karat larut dengan bensin, kemudian menutup lubang injektor dan menyebabkan motor tidak bisa aktif sempurna. Karat pun tidak menutup kemungkinan jadi penyebab tangki bensin bocor.

4. Cabut Arus Aki

Aki yang terus terhubung ke motor padahal tidak digunakan, berpotensi cepat soak. Hal ini dikarenakan arus listrik terus mengalir, tanpa adanya pengisian daya. Maka ada baiknya cabut arus aki sebelum meninggalkan motor.

5. Waspada Oli Turun

Oli pasti turun ke bagian bawah mesin, ketika motor ditinggalkan dalam waktu lama. Jadi saat pulang mudik, hidupkanlah motor dengan menggunakan kick starter untuk mengurangi beban kerja dinamo starter dan aki. Bila tidak ada kick starter, hidupkan mesin seperti biasa namun jangan langsung putar gas dalam-dalam. Biarkan motor idle supaya oli bersirkulasi sempurna.

Sumber : Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini