Sukses

6 Rahasia agar Bodi Mobil Tetap Mengilap Tanpa ke Salon

Liputan6.com, Jakarta - Mobil mengilap sudah pasti lebih sedap dipandang. Namun demikian, untuk tampil kinclong banyak yang menyebut satu-satunya cara yang dapat ditempuh hanya ke salon mobil.

Meski begitu, cara merawat mobil ke salon memang kerap dilakukan, khususnya bagi mereka yang memiliki budget lebih.

Selain ke salon, tampilan bodi mobil yang mengilap rupanya bisa dilakukan sendiri oleh pemiliknya.

Cara mudah agar mobil tetap mengilap layaknya mobil baru diungkapkan bengkel Rotary Bintaro. Bahkan cara yang dilakukan ini rupanya sangat mudah.

Mau tahu apa rahasianya agar bodi mobil mengilap, berikut ulasannya:

2 dari 8 halaman

1. Cuci Mobil dengan Sampo Mobil

Cara pertama yang perlu dilakukan yaitu mencuci mobil dengan sampo mobil. Seperti yang kita tahu, butiran busa yang ada di dalam sampo jauh lebih lembut dibanding deterjen. Sehingga sampo lebih baik untuk menjaga bodi mobil agar tetap kinclong.

Cucilah mobil Anda setidaknya sekali dalam seminggu untuk kilap mobil tetap terjaga. Apabila kamu tidak punya waktu, silahkan titip mobilmu ke bengkel untuk dicuci. Walaupun kotoran yang menempel di mobil masih sedikit, tidak ada salahnya untuk langsung mencuci mobil. Jangan biarkan kotoran menempel terlalu lama karena akan merusak lapisan cat pada bodi mobil.

3 dari 8 halaman

2. Cuci Mobil dengan Wax

Cara lain untuk mengilapkan mobil yaitu dengan mencuci mobil dengan wax. Penggunaan wax terbukti lebih aman tanpa merusak permukaan bodi mobil. Namun, pengolesan wax haruslah hati-hati. Ikuti petunjuk yang tertera di balik kemasan wax.

4 dari 8 halaman

3. Cuci Mobil Setelah Kehujanan

Meskipun air hujan tidak menyisakan kotoran pada bodi mobil, alangkah baiknya jika mobil yang kehujanan langsung dibersihkan. Air hujan mengandung zat kimia yang dipercaya dapat mengurangi kilau mobil.

Setelah kehujanan, cucilah mobil menggunakan sabun khusus atau sampo mobil agat kilaunya kembali seperti semula. Kalau kamu tidak punya waktu untuk membersihkan mobil dengan sampo, siram saja mobil tersebut pakai air sampai bersih.

5 dari 8 halaman

4. Parkir Mobil di Tempat yang Teduh

Radiasi sinar matahari tidak hanya berbahaya pada kulit manusia, tapi juga berbahaya bagi bodi mobil. Sinar matahari dipercaya dapat merusak susunan cat pada mobil, sehingga mobil lebih mudah terlihat kusam.

Untuk menghindari kerusakan dini, sebaiknya parkirkanlah mobilmu di tempat yang sejuk atau teduh. Kalau perlu, parkirkan mobilmu di basement agar lebih aman dari pancaran sinar matahari.

6 dari 8 halaman

5. Jangan Tutup Mobil Ketika Masih Basah

Sehabis mencuci mobil, biasakan untuk mendiamkan mobil hingga kering terlebih dulu. Setelah itu, barulah bungkus mobilmu dengan sarung. Jangan pernah membungkus mobil yang masih basah. Hal ini akan membuat susunan cat mobil memudar, sehingga mobil akan terlihat kusam.

Untuk mempercepat proses pengeringan, gunakan kain lap berbahan tebal yang mudah menyerap air. Pastikan kain tersebut terbuat dari katun atau microfiber agar tidak terjadi pengelupasan pada lapisan cat mobil.

7 dari 8 halaman

6. Meng-compound Mobil

Langkah terakhir agar mobilmu tetap “ganteng” adalah meng-compound mobil. Perlu diingat, pengolesan compound tidak hanya di bagian yang memiliki baret atau goresan saja. Namun, oleskan compound ke seluruh bodi mobil, termasuk celah-celah sekalipun.

Penggunaan compound dipercaya ampuh dapat mengilapkan mobil dengan cepat. Cara meng-compound mobil juga sangatlah mudah. Kamu hanya perlu membeli compound, menaruhnya ke kain, lalu mengoleskannya ke mobil.

Namun, penggunaan compound tidak baik dilakukan secara rutin karena dipercaya dapat mengikis susunan cat pada mobilmu. Alangkah baiknya jika pemberian compound dilakukan sekali dalam tiga bulan

8 dari 8 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Saksikan Live Streaming EGTC Malang 2018

Tutup Video