Sukses

6 Cara Mencuci Mobil Saat Musim Hujan, Biar Tetap Kinclong

Liputan6.com, Jakarta - Mencuci mobil adalah hal yang perlu dilakukan para pemiliknya. Jika tidak, tentu saja hal itu dapat membuat mobil terlihat kusam dan tak sedap dipandang mata.

Bagi mereka yang malas mencuci sendiri dan memiliki budget lebih, pergi tempat pencucian menjadi pilihan. Bahkan salon mobil menjadi hal biasa.

Lantas bagaimana jika musim hujan seperti saat ini. Apakah mobil harus lebih sering dibersihkan, atau tak perlu? Mengingat jika mobil sudah terlihat kinclong, namun hujan kembali turun dan mobil pun menjadi kotor lagi.

Nah, menurut situs resmi Daihatsu, membershikan mobil saat musim hujan tetap perlu dilakukan, apalagi sedang musim hujan seperti saat ini. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah debu menumpuk terlalu tebal di mobil.

Membershikan mobil di rumah sebenarnya bukan hal sulit. Rasa malas saja yang biasanya terjadi.

Adapun tips mencuci mobil agar tampil mengkilap ini ada beberapa cara, antara lain:

 

 

 

1 dari 7 halaman

1. Hindari mencuci saat panas terik

Berhati-hatilah dengan sisa air sabun. Selain itu, untuk membuat cat mobil mengkilapkan hindari mencuci di bawah terik matahari langsung. Apalagi sisa air sabun yang mengering meninggalkan bercak pada bodi mobil.

 

2 dari 7 halaman

2. Jangan gunakan detergen

Sabun ada beberapa jenis, tentunya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Tidak terkecuali sabun yang digunakan untuk mencuci mobil.

Jangan sekali-sekali mencuci dengan sabun yang mengandung detergen, karena akan merusak cat mobil.

Saat ini banyak berbagai merek sampo khusus mobil yang beredar di pasaran. Solusi lain bisa menggunakan sabun atau sampo biasa dengan catatan tidak mengandung detergen.

 

3 dari 7 halaman

3. Aturlah tekanan keluar air dari selang

Kotoran di mobilyang membandel memang lebih mudah dibersihkan dengan arus air yang tinggi. Namun, perlu diketahui bahwa ini juga membahayakan cat mobil loh.

Cukup gunakan air dengan kekuatan menengah. Selain menyemprot dengan selang, bisa juga dilakukan dengan cara mengguyurnya.

4 dari 7 halaman

6. Segera keringkan mobil setelah selesai mencuci

Ketika seluruh bagian mobil sudah bersih, segera keringkan mobil. Ini juga merupakan salah satu cara merawat cat mobil agar tetap mengkilap. Jangan biarkan air terlalu lama membasahi bodi mobil.

Selain itu, hindari mengandalkan sinar matahari untuk mengeringkannya. Hal tersebut bisa menyebabkan air yang tersisa akan membekas di bagian mobil.

 

5 dari 7 halaman

5. Perhatikan cara mengelap dan bahan kain lap

Untuk mengelap mobil tentu saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama adalah mengenai bahan kain lap. Pilihlah bahan yang terbuat dari kulit sintetis agar air lebih cepat terserap.

Jangan gunakan kain lap dari bahan katun, karena bahan itu sering menyimpan partikel-partikel kecil yang dapat menggores cat mobil.

Kedua tentu berhati-hati ketika mengelap. Pastikan lap yang digunakan bersih dan mengelap mobil salah satu cara membuat cat mobil mengkilap.

 

6 dari 7 halaman

6. Gunakan wax agar cat mobil mengkilap

Agar cat mobil mengkilap, gunakan bahan-bahan seperti  wax, busa, dan kain katun lembut atau jika ada microfiber. Langkah pertama untuk membuat cat lebih mengkilap adalah mengoleskan wax ke bodi mobil.

Caranya, pastikan mobil Anda berada di tempat teduh agar wax tersebut tidak cepat mengering. Pengolesan wax bisa dilakukan dengan menuangkannya pada busa. Kemudian gosokkan bagian demi bagian mobil secara memutar.

Hindari menggosok wax langsung seluruh bodi mobil. Lakukan cara ini secara bertahap agar wax nggak mudah mengering, tunggu kurang lebih 10 menit. Jika sudah kering, bersihkan bekas wax dengan kain atau microfiber.