Sukses

Deretan Mobil yang Diidolakan Kaum Hawa

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, untuk urusan berkendara memang tidak hanya didominasi kaum laki-laki. Banyak wanita modern yang memilih untuk menyetir sendiri, terlebih bagi kaum hawa yang memiliki aktifitas dengan mobilitas yang tinggi.

Dalam rangka merayakan Hari Perempuan Internasional 2018, Liputan6.com mencoba untuk mencari tahu, mobil apa yang cocok digunakan wanita Indonesia, baik itu mobil bekas ataupun mobil baru.

Dijelaskan Herjanto Kosasih, Senior Marketing Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, untuk urusan memilih kendaraan atau mobil, untuk wanita perkasa biasanya memilih Jeep (SUV).

"Kalau yang feminin, biasanya wanita memilih citycar atau sedan," jelas Herjanto saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (8/3/2018).

Sementara itu, untuk mobil bekas pilihan kebanyakan perempuan, memang masih didominasi citycar atau hatchback. "Kebanyakan sih perempuan lebih memilih Honda Jazz atau Toyota Yaris," tegas Herjanto.

Biasanya, bagi kaum hawa yang memilih SUV, biasanya karena faktor lingkungan. "Biasanya, kalau perempuan yang memilih SUV, lingkungan rumahnya rawan banjir," pungkasnya.

1 dari 5 halaman

Selanjutnya

Nah, selain wanita muda banyak juga emak-emak alias ibu rumah tangga yang harus mengantar anak sekolah, berbelanja, pergi ke kantor, atau untuk sekedar bertemu dengan teman. Maka dari itu, pemilihan kendaraan atau mobil yang cocok merupakan hal yang wajib dilakukan.

Bagi kaum hawa, saat memilih mobil, baik baru atau bekas, biasanya tidak terlalu memikirkan hal teknis, seperti mesin. Karena paling penting, mobil tersebut berdesain menarik, nyaman, memiliki ruang yang cukup besar, serta bentuk yang kompak.

Berikut daftar mobil bekas yang cocok untuk kaum hawa yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber:

1) Honda Jazz

Untuk pilihan pertama, salah satu model hatchback andalan PT Honda Prospect Motor (HPM) ini bisa dibilang sangat cocok untuk 'emak-emak' muda. Dengan tampilan yang menarik, sporty, namun tidak terlalu maskulin.

Untuk bagian interior, mobil ini memiliki kabin yang luas, dengan jok belakang bisa dilipat sehingga menghasilkan bagasi yang lebar untuk digunakan membawa belanjaan yang banyak.

Untuk urusan fitur, dengan sistem kemudi electric power steering, mobil ini sangat mudah dikendalikan, serta fitur eco assist yang berfungsi untuk memberikan informasi konsumsi bahan bakar, serta sistem hiburan yang sudah memadai.

Untuk mesinnya, Honda Jazz dipersenjatai dengan mesin empat silinder, berkapasitas 1.497 cc, dengan tenaga 120 Tk. Harganya, jika dilihat dari situs online, Honda Jazz RS A/T Facelift 2012 dibanderol Rp 170 jutaan.

2 dari 5 halaman

Selanjutnya

2) Toyota Yaris

Selain Honda Jazz, Toyota Yaris juga bisa jadi pilihan yang tepat bagi 'emak-emak' aktif. Dengan desain yang menarik, serta dimensi yang kompak, model ini sangat cocok untuk digunakan berwara-wiri untuk wanita.

Selain itu, untuk kabin Toyota Yaris memiliki tempat penyimpanan yang cukup banyak dan hal tersebut jadi faktor penting, karena wanita biasanya gemar membawa barang-barang yang banyak di dalam mobilnya.

Selain itu, mobil ini juga dilengkapi fitur keselamatan ABS, airbag, dan konsumsi bahan bakar yang tergolong irit.

Toyota Yaris dipersenjatai dengan mesin empat silinder berkapasitas 1.497cc yang mampu menghembuskan daya hingga 109 Tk. Untuk harga bekasnya, Toyota Yaris E A/T facelift dibanderol Rp 150 jutaan.

3 dari 5 halaman

Selanjutnya

3) Honda Freed

Meskipun masuk ke jajaran mobil MPV, namun Honda Freed memiliki dimensi yang tidak terlalu besar. Sehingga, saat digunakan oleh wanita di jalan raya bisa mudah meliuk-liuk di kepadatan lalu lintas.

Selain itu, kabin mobil yang lega masih menjadi daya tarik mobil ini untuk kaum hawa, dan aplikasi pintu geser membuat akses keluar masuk penumpang lebih mudah, terlebih bagi ibu-ibu yang setiap hari mengantar anaknya ke sekolah.

Untuk mesinnya, Honda Freed dipersenjatai dengan mesin empat silinder berkapasitas 1.497cc, dengan tenaga maksimal sebesar 118 Tk. Harganya, Honda Freed E 2012 dibanderol Rp 175 jutaan.

4 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Artikel Selanjutnya
27 Negara Jadikan Hari Perempuan Sedunia Hari Libur Nasional
Artikel Selanjutnya
Antara Karier dan Keluarga, 4 Peneliti Perempuan Indonesia Bagi Cerita