Sukses

Lakukan Ini Supaya Enggak Jadi Target Jambret Bermotor

Liputan6.com, Jakarta - Zaman now seperti sekarang ini banyak wanita yang memilih naik motor sendiri ketimbang naik angkutan umum. Nah pengendara wanita yang berkendara seorang diri biasanya menjadi incaran para jambret. 

Dikutip Tribratanews, jambret jarang beraksi seorang diri. Biasanya mereka berdua dengan rekannya, mengincar korbannya dengan menunggu di tempat yang sepi.

Mereka akan menunggu momen yang tepat untuk melancarkan aksinya. Modus yang dilakukan biasanya berpura–pura ada kerusakan motor atau mengelabui korban dengan modus ban bocor. Saat korban berhenti mengecek ban, jambret langsung beraksi menggasak barang barang berharga korban.

Berikut ini hal-hal yang harus dilakukan untuk menghindari jambret bermotor:

1. Jangan menggunakan perhiasaan yang mencolok

Menggunakan perhiasan yang mencolok di tempat umum akan mengundang terjadinya tindak kejahatan salah satunya kasus penjambretan, selain menarget tas dan Handphone, perhiasaan juga menjadi target empuk bagi para jambret.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

1 dari 3 halaman

Selanjutnya

2. Hindari berkendara melewati tempat yang sepi

Tempat yang sepi selalu menjadi tempat yang paling favorit untuk jambret melancarkan aksinya, hindari berkendara di tempat yang sepi. Carilah jalan lain yang lebih ramai lalu lintas.

3. Jangan menggunakan handphone sambil berkendara

Jangan menelpon atau chatting saat sedang berkendara. Beberapa kasus penjambretan yang terjadi korbannya adalah pengendara motor yang sedang menggunakan handphone saat berkendara. Kalaupun terpaksa, carilah tempat yang ramai untuk menggunakan handphone.

4. Jangan berkendara seorang diri

Jambret biasanya mengintai korban yang sedang berkendara seorang diri terutama kaum wanita, hindari berkendara seorang diri apalagi akan melewati tempat yang sepi. Mintalah keluarga atau teman untuk menemani anda.

 

 

2 dari 3 halaman

5. Jangan simpan barang berharga di dalam tas

Dalam beberapa kasus penjambretan yang menimpa kaum hawa, tas adalah sasaran utama penjambret ini dikarenakan kebiasaan wanita yang menyimpan semua barangnya di dalam tas. Simpanlah barang berharga seperti dompet atau handphone di saku celana.

6. Jangan mudah percaya terhadap orang yang tidak di kenal

Jangan mudah percaya terhadap orang yang baru kita kenal karena ini bisa menjadi modus jambret sebelum merampas barang korbannya. Jambret bisa berhenti di depan korbannya kemudian berpura pura menanyakan alamat. Saat korbannya menjelaskan dan lengah, jambret langsung merampas tas atau barang berharga lainnya.

7. Selalu waspada

Selalu waspada dan amati sekitar anda, apabila kalian melihat orang yang mencurigakan mengikuti cobalah untuk masuk dalam keramaian dan hindari tempat sepi, untuk pengendara motor jika ada pengendara lain yang mencurigakan sedang menguntit dari belakang cobalah untuk berhenti di tempat yang ramai atau berhenti di tempat yang ada petugas keamanan.

Artikel Selanjutnya
Berniat Kirim Motor ke Kampung Halaman Sebelum Mudik, Begini Caranya
Artikel Selanjutnya
Boncengan Naik Motor, 2 Bocah Malah Kabur Saat Dinasihati Polisi