Sukses

Pabrikan Mobil Pamer Teknologi Canggih, yang Laris Mobil Murah

Pada pameran otomotif, biasanya APM akan selalu memamerkan kendaraan berteknologi canggih. Untuk apa?

Liputan6.com, Jakarta Pada ajang pameran otomotif, biasanya APM akan selalu memamerkan kendaraan-kendaraan tercanggih dengan harga yang relatif mahal atau bahkan belum diluncurkan sama sekali. Misalkan GIIAS (Gaikindo Indonesia International Autoshow), dari tahun ke tahun, pengunjung akan terpesona dengan kecanggihan dan kemewahan dari teknologi yang disodorkan oleh masing-masing APM.

Namun, tahukah Anda, kendaraan-kendaraan yang menjadi highlight pada suatu APM bukanlah mobil terlaris yang mereka jual, bahkan belum dijual sama sekali? Bahkan kendaraan terlaris biasanya datang dari mobil yang relatif lebih terjangkau dan harganya jauh dibandingkan dengan mobil yang menjadi highlight dalam pameran. Misalkan saja Toyota pada GIIAS 2016 highlight utamanya adalah Toyota Mirai, konsep FCV, dan konsep C-HR, tapi penjualan tertingginya adalah mobil murah.

Berdasarkan data wholesales Gaikindo, yang menjadi primadona penjualan Toyota di bulan Agustus 2016 lalu adalah Calya dengan torehan 9.239 unit, Calya saat itu memang baru diluncurkan pada GIIAS 2016, dan di posisi kedua adalah Avanza dengan total angka 9.123 unit.

Menanggapi hal ini, Executive General Manager PT TAM, Fransiscus Soerjopranoto, mengatakan, "Dalam ajang GIIAS, para APM mengikuti tema yang sudah ditentukan oleh organizer. Seperti tahun lalu, tema mengarah ke environment. Jadi teknologi kendaraan bermotor yang ramah lingkungan lah yang kami tonjolkan, bukan untuk jualan mobil."

Hal serupa diungkapkan oleh Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi. "Sebagai world class auto show series, fokus dan komitmen Gaikindo adalah menampilkan produk otomotif terbaik untuk masyarakat. Kami ingin menjadikan GIIAS sebagai panggung di mana produk kendaraan terbaru dengan teknologi terkini dapat diperkenalkan ke masyarakat yang kuat," ungkapnya ke Liputan6.com beberapa waktu lalu.

Dengan kata lain, highlight teknologi canggih pada sebuah pameran menjadi ajang edukasi sekaligus ajang kemampuan dari masing-masing pabrikan untuk menunjukkan kemampuan teknologi miliknya. Dengan demikian, diharapkan dapat menjadi ajang kompetisi sehat untuk perkembangan dunia otomotif di Indonesia.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) adalah pameran otomotif terbesar di Indonesia. Pameran ini memulai sejarahnya sejak 1986

    GIIAS

  • Teknologi