Sukses

Harga Motor 250 cc di Indonesia

Berikut adalah harga motor 250 cc yang dijual di Indonesia, baik di segmen sport, touring, atau adventure.

Liputan6.com, Jakarta - Meski memiliki harga yang relatif lebih mahal, namun motor 250 cc di Indonesia terus berkembang. Hal ini bisa dibuktikan dengan masih dipertahankannya motor di kelas ini oleh pabrikan yang berlaga.

Tiap merek punya jagoan masing-masing. Dua produk 250 cc terakhir yang meluncur di Indonesia adalah Honda CBR250RR dan Kawasaki Versys x-250. Yang pertama ada di segmen sport 250 cc, satu lagi adventure 250 cc.

Memang, masing-masing pabrikan mengembangkan motor 250 cc dalam bentuk yang berbeda-beda. Ada yang sport, touring, dan adventure. Ketiganya punya ciri khas yang berbeda, untuk mendukung fungsi utama yang juga beda.

Motor touring diperuntukkan bagi pengguna yang mengutamakan perjalanan di kota atau jalanan beraspal. Sementara motor adventure didesain untuk dapat digunakan di `dua alam`, dari mulai jalanan aspal dan non aspal.

Untuk mendukung fungsi utamanya itu, ketiga jenis motor ini punya desain masing-masing. Misalnya, motor touring didesain untuk memberikan posisi berkendara yang lebih tegak, yang kadang tidak didapat jika menggunakan motor sport.

Lain lagi dengan motor adventure. Motor ini, misalnya, punya jarak ke tanah yang paling tinggi dibanding motor lain. Bentuknya juga mirip dengan motor trail, tapi dengan ban yang bisa mendukung perjalanan di atas aspal (bukan ban tahu).

Toshiyuki Inuma, Presiden Direktur PT Astra Honda Motor (AHM) pernah mengatakan pada awal November lalu bahwa motor seperempat liter diminati baik di Indonesia maupun Jepang karena menjadi batasan terbawah. Setelahnya, ada jeda yang cukup besar dengan kapasitas motor di atasnya.

Ia bahkan mengatakan bahwa mungkin saja peminat motor ini akan melebihi Jepang. "Di Indonesia ada potensi melebihi pasar Jepang untuk saat ini," jelas Inuma.

Tentu salah satu faktor berkembang atau tidaknya segmen ini adalah karena harga. Sebagai gambaran, berikut adalah beberapa harga sepeda motor 250 cc, berdasarkan informasi dari berbagai sumber, dikutip Sabtu (3/12/2016):

Sport (harga mulai dari)
-Honda CBR250RR - Rp 62,9 juta
-Kawasaki Ninja 250 - Rp 54,5 juta (Ninja 250 SE)
-Yamaha R25 - Rp 53,6 juta
-KTM RC 250cc - Rp 48 juta
-Suzuki Inazuma - Rp 49,5 juta

Urban Touring
-Kawasaki Z250SL - Rp 41,5 juta (non ABS)
-Kawasaki Estrella - 250 70 juta
-Yamaha MT-25 Rp 46,6 juta
-KTM Duke 250 - Rp 44 juta

Adventure
-Kawasaki Versys x-250 - Rp 61,9 juta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini