Sukses

Ingin Ganti Ban Mobil? Ini Petunjuknya

Liputan6.com, Jakarta - Ban menjadi elemen vital pada kendaraan sebagai 'alas kaki'. Pabrikan kendaraan biasanya memasang ban menyesuaikan spesifikasi teknis kendaraan.

Si karet hitam bundar ini juga bisa menjadi pendukung gaya atau kenyamanan selama berkendara. Ubahan diameter dan lebar ban mempengaruhi cengkraman ke aspal serta redaman saat melintasi jalan rusak.

Untuk mengganti ban juga ada perhitungannya. Anda dapat mengetahui spesifikasi ban melalui kode yang ter-emboss di dinding ban.

Ambil contoh ban standar untuk Avanza jelas berbeda dengan Innova meskipun sama-sama bermerek Toyota. Innova memakai ban 215/55 R17 sedangkan ban Avanza 185/70 R14.

Untuk Innova, kode tersebut berarti ban memiliki lebar 215 mm, tinggi 55 mm dengan ukuran ring 17 inci. Adapun ban Avanza lebarnya 185 mm, tinggi 70 mm dengan ukuran ring 14 inci.

Biasanya, semakin besar diameter maka ban juga makin lebar. Di sisi lain, tinggi ban semakin menurun alias makin tipis ruang udaranya.

Pemilihan ban juga bisa menentukan aspek keselamatan terutama pada kecepatan tinggi. Anda cukup melihat kode huruf yang terdapat paling akhir.

Kode huruf itu menentukan kemampuan maksimum ban dalam skala kecepatan. Berikut ini kode ban tersebut:

H 210km/jam
S 180km/jam
T 190 km/jam
U 200km/jam
V 240km/jam
Z >240km/jam
W 270km/jam
Y 300km/jam