Sukses

Ongkos `Menghidupkan` Vespa Tua

Liputan6.com, Jakarta - Makin tua kian dicari. Ya, itulah Vespa. Skuter ikonik tersebut selalu jadi buruan para pecintanya.

Selain harus mencari ke daerah-daerah untuk berburu Vespa tua, ada sejumlah pemilik yang mendapatkan skuter klasik Italia itu dari warisan keluarga.

Nah, yang namanya warisan atau barang yang tak lagi baru, kondisinya tak bisa ditebak. Tak sedikit motor itu justru dalam keadaan mati total. Lalu, berapa biaya untuk memperbaiki bangkai Vespa agar hidup lagi?

Deday, pemilik bengkel Aceng Scooter Team (AST) di kawasan Depok, Jawa Barat, menuturkan, estimasi biaya yang dibutuhkan untuk itu sebesar Rp 800 ribu, termasuk di dalamnya penggantian beberapa part.



"Estimasinya Rp 800 ribu standarnya. Itu mengganti laher, seal, piston, dan bandul. Nah bandul ini yang sentral. Apa dia macet, sudah tidak sentral. Semua karena jarang digunakan," ujar pria yang telah membuka bengkel sejak 2002 ini kepada Liputan6.com.

Deday menambahkan, biaya tersebut sudah termasuk pengelasan di bagian tertentu. "Misalnya di bagian pengapian, juga bisa di bandulnya yang sudah 'oglek' agar kembali presisi," tambahnya.

Adapun estimasi waktu yang dipatok Deday sekira satu minggu. "Itu sekali lagi, estimasi, perkiraan. Jadi kita harus lihat persis barangnya dulu waktu bisa tentukan dengan tepat," tambahnya.

Loading