Sukses

Pemimpin Korut Kim Jong-un Beli Mercedes-Benz Berlapis Baja

Liputan6.com, Pyongyang - Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, diyakini telah membeli sebuah Mercedes-Benz berlapis baja untuk digunakan di negaranya yang tertutup itu. Kabar menyebutkan bahwa ia mengimpor kendaraan itu dari Tiongkok.

Chosun Ilbo, sebuah harian Korea Selatan, mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya, melaporkan bahwa Kim memperoleh Mercy itu pada Oktober lalu. Kendaraan lapis baja itu sudah dikustomisasi agar sesuai dengan selera Kim yang dikabarkan gemar dengan barang-barang mewah.

Dijelaskan, mobil dibeli melalui perusahaan dagang di Tiongkok agar bisa melewati larangan yang diberlakukan PBB terhadap negara itu. Kendaraan mewah ini kemudian dikirim ke Pyongyang sebagai produk biasa.

Seperti diketahui, PBB melarang barang-barang mewah masuk ke Korea Utara. Ini adalah sanksi karena negara itu dituduh membangun instalasi nuklir secara tidak sah. Meski demikian, telah beberapa kali Korut berhasil menyelundupkan barang mewah.

Pada Juli tahun lalu misalnya, dua limousine berlapis baja, yang juga merupakan produk Mercy, terlihat dalam parade militer Korut. Harga Mercy S600 itu antara 350 ribu hingga 1,2 juta pound sterling.

Sementara itu, Korea Utara sebenarnya memiliki pabrik mobil. Dilaporkan Carscoops, negara ini memiliki Pyeonghwa Motors, yang memproduksi mobil dalam jumlah tidak banyak.

Menjajal Skatepark di Kolong Jembatan Slipi

Tutup Video