Sukses

Toyota Avanza Juga Populer di 32 Negara

Liputan6.com, Jakarta - Kepopuleran Toyota Avanza tak hanya terjadi di Indonesia. Dipasarkan sejak 2004, kepopuleran Avanza juga terjadi di 32 negara di dunia lewat penjualan ekspor.

Hiroyuki Fukui, Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor, menjelaskan Avanza sudah menjadi mobil paling umum di Indonesia. Sementara total volume ekspor Avanza mencapai 40 ribu unit.

Avanza made in Indonesia rupanya telah diekspor ke 32 negara, antara lain Thailand, Oman, Saudi Arabia, Bahrain, Nepal, Meksiko, Madagaskar, Maladewa, Fiji, Bangladesh, Brunei Darussalam, Afrika Selatan, Filipina, Qatar, Yaman, Lebanon, Kenya, Sri Lanka, Nigeria, dan Zimbabwe.

"Avanza merupakan kebanggaan bagi Toyota dan Indonesia karena bisa menembus pasar global. Jadi Avanza merupakan mobil yang strategis bagi Toyota," ujar Fukui menjawab pertanyaan Liputan6.com, saat memperkenalkan model Grand New Avanza, Rabu (12/8).

Kedepannya, kata Fukui, Toyota sudah menyiapkan beberapa strategi untuk menjaga kepopuleran Avanza. Misalnya dengan terus meningkatkan kualitas produk dan  menurunkan cost.

Untuk meningkatkan daya saing Avanza, Toyota juga akan terus menambah komponen lokalnya, yang saat ini hampir 90 persen. Pabrik PT Astra Daihatsu Motor yang memproduksi Avanza, juga terus meningkatkan daya saingnya.“

Saya harap mobil Avanza terus didukung oleh komunitasnya sehingga bisa mempertahankan sebagai best selling car di Indonesia,” ucap Fukui.

Untuk itu, Toyota Indonesia memperkenalkan model baru Avanza yang dinamakan Grand New Avanza dengan perubahan utama dari sisi mesin (dua VVT-i), desain eksterior yang lebih agresif, dan tingkat kenyamanan yang lebih baik.

Tipe awal Grand New Avanza 1.3 E M/T Rp 178,1 juta (On the Road Jakarta) dan yang tertinggi Grand New Veloz 1.5 A/T Rp 226,9 juta.

(msu/ian)