Sukses

Mobil Tanpa Sopir Google Jilid 2, Siap Pakai?

Google nampaknya punya ambisi besar untuk merevolusi industri kendaraan bermotor dengan meluncurkan mobil berteknologi self-driving.

Liputan6.com, California - Diketahui, raksasa pencarian asal Amerika Serikat (AS), Google, punya ambisi besar untuk merevolusi industri kendaraan bermotor dengan meluncurkan mobil berteknologi self-driving.

Ya, setelah sukses memamerkan mobil tanpa sopirnya pada Mei lalu, kini perusahaan asal Palo Alto, California, itu kembali menyingkap sebuah mobil self-driving yang telah dilengkapi dengan lampu utama dan sein.

"Kendaraan yang diperkenalkan pada Mei lalu hanyalah versi contoh -- tanpa memiliki lampu utama," terang Google melalui pernyataannya seperti dilansir dari CNBC, Selasa (23/12/2014).

(Foto mobil Google berteknologi self-driving yang belum dilengkapi dengan lampu utama dan sein)

Lebih lanjut, Google menyatakan bahwa mobil tanpa sopir versi ke-2 ini diharapkan mampu mempermudah para teknisi perusahaan untuk melakukan pengujian dan memeroleh feedback.

Seperti diketahui, mobil self-diriving Google dibangun menggunakan bemper berbahan lembut, kaca depan yang fleksibel untuk mengurangi risiko ketika terjadi kecelakaan atau meyenggol pejalan kaki.

Mobil menggunakan kombinasi sensor laser dan radar yang terintegrasi dengan kamera yang telah diprogram untuk bisa berbelok dan melakukan pengereman secara otomatis. Sejauh ini mobil bekerja berdasarkan data pada layanan pemetaan Google.

Mobil yang dibuat sebanyak 100 unit dalam bentuk purwarupa itu mengemas mesin elektrik dengan kecepatan maksimum 40 km/jam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.